Begini Tata Cara Prosesi Nikah di Tengah Penyebaran Corona Sesuai Aturan Kemenag


Rabu, 25 Maret 2020 - 21:48:38 WIB
Begini Tata Cara Prosesi Nikah di Tengah Penyebaran Corona Sesuai Aturan Kemenag Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus corona penyebab Covid-19 mengakibatkan pelbagai aktivitas terganggu. Termasuk, pernikahan yang jauh-jauh hari direncanakan.

Kalaupun tak bisa dibatalkan, di tengah wabah corona ini, menikah tetap dapat dilakukan asalkan dengan sejumlah ketentuan. Kementerian Agama mengeluarkan panduan menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) dan di luar KUA seperti rumah atau gedung.

Panduan menikah ini diterbitkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab perayaan pernikahan merupakan salah satu tempat berkumpulnya banyak orang secara dekat. Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan risiko penularan virus corona.


Berikut panduan menikah di tengah pandemi corona.

1. Akad nikah dilaksanakan di KUA

- Jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan dibatasi yakni tidak lebih dari 10 orang.

- Calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus mencuci tangan dengan sabun--yang mengandung antiseptik--atau hand sanitizer dan, menggunakan masker.

- Petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul.

2. Akad nikah yang dilaksanakan di luar KUA

- Ruangan prosesi akad nikah dilakukan di tempat terbuka atau di ruangan yang berventilasi sehat.

- Membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan, tidak lebih dari 10 orang.

- Calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau hand sanitizer dan, menggunakan masker.

- Petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama menyatakan untuk sementara waktu, seluruh jenis pelayanan yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat dan menciptakan kerumunan ditiadakan. Terkecuali, pelayanan administrasi dan pencatatan nikah di KUA.

Kementerian Agama juga meminta masyarakat yang akan menikah untuk selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan untuk mencegah Covid-19, termasuk jika terdapat tanda-tanda dan gejala sakit pada petugas maupun masyarakat pada saat pelayanan berlangsung.(*)
 

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 18:51:11 WIB

    Besok Dibuka, Begini Cara Daftar Kartu Pra Kerja

    Besok Dibuka, Begini Cara Daftar Kartu Pra Kerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menyiapkan program Kartu Pra Kerja untuk masyarakat yang terdampak virus Corona (COVID-19), seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) dan mereka yang kesulitan mencari kerja. Program ini re.
  • Selasa, 07 April 2020 - 10:14:54 WIB

    Cuaca Lembab Rentan Penularan Corona? Begini Hasil Kajian BMKG

    Cuaca Lembab Rentan Penularan Corona? Begini Hasil Kajian BMKG JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, Tim BMKG telah melakukan Kajian berdasarkan analisis statistik, pemodelan matematis dan studi literatur tent.
  • Ahad, 05 April 2020 - 22:13:22 WIB

    17 Hari Jalani Isolasi Akibat Corona, Begini Curhat Walikota Bima Arya

    17 Hari Jalani Isolasi Akibat Corona, Begini Curhat Walikota Bima Arya BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Kondisi kesehatan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiaryo yang sedang menjalani masa isolasi di RSUD Kota Bogor karena dinyatakan positif terpapar virus corona atau covid-19 semakin membaik..
  • Ahad, 05 April 2020 - 19:32:22 WIB

    Posko Perbatasan Diperketat, Begini Instruksi Kapolda Jambi

    Posko Perbatasan Diperketat, Begini Instruksi Kapolda Jambi JAMBI, HARIANHALUAN.COM - Antisipasi penyebaraan corona virus disease (Covid-19) di Provinsi Jambi, Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi meminta bidang pencegahan harus memperketat pengecekan di posko-posko di perbatasa.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 22:29:23 WIB

    Rapat Online, Begini Arahan Gubernur Jambi Dalam Penanganan Virus Corona

    Rapat Online, Begini Arahan Gubernur Jambi Dalam Penanganan Virus Corona JAMBI, HARIANHALUAN.COM - Rapat Online Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi dalam upaya penanganan serta pencegahan virus Covid-19 di Provinsi Jambi, Jumat (3/4/20) kemarin..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM