Besok, 6.000 Alat Pelindung Diri Tiba di Sumbar


Rabu, 25 Maret 2020 - 22:53:28 WIB
Besok, 6.000 Alat Pelindung Diri Tiba di Sumbar Wakil Sumbar Nasrul Abit saat rapat terkait tindak lanjut kebutuhan peralatan-peralatan medis dalam rangka penanganan virus Corona atau Covid-19 di provinsi itu, Rabu (25/3/2020) di kantor BPBD Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Sumbar Nasrul Abit bersama Tim Gugus Tugas, serta stake holder terkait menggelar rapat terkait tindak lanjut kebutuhan peralatan-peralatan medis dalam rangka penanganan virus Corona atau Covid-19 di provinsi itu, Rabu (25/3/2020) di kantor BPBD Sumbar.

Setelah menggelar rapat, Ketua Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra itu menetapkan sejumlah kebijakan dalam mencegah penyebaran Corona. Salah satunya Pemprov akan menambah Alat Pelindung Diri (APD).

"Kebutuhan APD ini cukup banyak. Kita dibantu dari wardah 4.000, kita beli juga tadi 1.900, tambah 100 dari Kementerian Kesehatan. Jadi kita punya 6.000 APD. InsyaAllah besok sore datang kalau pengirimannya melalui jalur udara," kata Nasrul Abit.

Jika nanti APD ini tiba di Sumbar, Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu menyebut, ini akan dibagikan kepada Kabupaten dan Kota, serta daerah perbatasan. Sedikitnya ada 8 perbatasan yang masuk wilayah Sumbar.

"Tadi saya dengar juga ada dapat 2 fentilator yang diperuntukan di RSUP M. Djamil dan Bukittinggi. Ada juga 1 alat ronsen, ini bantuan dari wardah," sebut Nasrul Abit.

Oleh karena itu, Nasrul Abit mengucapkan terimakasih kepada pihak Wardah. Dengan bantuan tersebut, dia berharap bisa mencegah berkembangnya virus Corona di Sumbar.

"Kalau kebutuhan, kita usul alat pelindung diri sebanyak 50 ribu untuk dipergunakan sampai bulan Juni karena ada 10 rumah sakit di Sumbar," ulas Nasrul Abit.

Disamping itu, beber Nasrul Abit, pihaknya juga telah menyurati Semen Padang Hospital untuk menyiapkan 10 tempat tidur sebagai perawatan pasien yang diduga terjangkit Corona. Tak hanya itu, Kepala Rumah Sakit Painan juga bersedia untuk mempersiapkan ruang isolasi.

"Saat ini sedang rehabilitasi, insyaAllah dua atau tiga hari akan siap jadi nanti kita tinggal melengkapi APDnya saja. Rumah sakit Painan juga bersedia untuk menyediakan ruang perawatan namun jumlahnya belum tahu," sambung Nasrul Abit.

Lebih lanjut, kata Nasrul Abit, saat ini rumah sakit daerah sudah diminta untuk mempersiapkan tempat isolasi. Hal ini guna berjaga-jaga seandainya nanti ada kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di daerah masing-masing.

"Karena kemarin ada satu orang karyawan dari Sinar Mas, Muaro Belantai yang dipertanyakan kesehatannya. Tapi sudah diperiksa statusnya ODP. Tapi itu tetap kita pantau, jika nanti statusnya PDP langsung dikirim ke Padang," tukasnya. (*) 

Reporter : Milna /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]