1.200 Personel TNI-Polri Siap Amankan Pemakaman Ibunda Jokowi


Kamis, 26 Maret 2020 - 00:53:52 WIB
1.200 Personel TNI-Polri Siap Amankan Pemakaman Ibunda Jokowi Pengamanan di sekitar rumah duka ibunda Presiden Jokowi di Solo, Rabu (25/3/2020). detikcom

SOLO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 1.200 aparat disiagakan untuk mengamankan pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo. Pengamanan dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri.

"Pengamanan VVIP ini yang disebut pengamanan waskita itu 1.200 orang. 650 dari unsur TNI, 550 dari kepolisian, brigade mobile (brimob)," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel, Rabu (25/3/2020).

Pengamanan dilakukan di sekitar rumah duka Jalan Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo. Kemudian jalan sekitar rumah duka dan rute perjalanan hingga ke pemakaman. Jenazah rencananya dimakamkan di Desa Mundu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Petugas pengamanan juga disiagakan untuk mengantisipasi banyaknya warga yang ingin melayat. Namun sejak malam ini, Jokowi sudah mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah.

"Para pelayat yang akan hadir cukup mendoakan dari rumah saja. Itu sudah jauh lebih dari cukup. Ini saja yang hadir hanya keluarga yang sangat dekat, tidak semua," ujar Rycko.

Sementara untuk teknis pelaksanaan pengamanan pemakaman besok, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi mengatakan berlangsung seperti pengamanan presiden biasanya.

"Jadi intinya sama ya kalau teknis itu ya seperti orang pemakaman biasa. Karena kebetulan ada presiden di situ pasti berlaku pengamanan VVIP, saya rasa tidak ada hal yang istimewa," kata Effendi.

Dia pun mengimbau agar masyarakat tidak perlu datang ke rumah duka maupun pemakaman agar pengamanan berjalan dengan mudah.

"Sekali lagi kami mengimbau kepada masyarakat, cukup mendoakan dari rumah. Supaya dalam pengaturannya nanti pasti akan lebih lancar kalau tidak semua masyarakat berpartisipasi langsung ke pemakaman," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ibunda Jokowi, Sudjiatmi tutup usia pada umur 77 tahun. Dia meninggal dunia di RST Slamet Riyadi, Solo pukul 16.45 WIB tadi.

Rencananya jenazah Sudjiatmi bakal dimakamkan di Pemakaman Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB. Ibunda Jokowi ini disebut sudah lama mengidap kanker. (*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Februari 2020 - 02:22:17 WIB

    Hore..! 1.200 KK Dapat Sertifikat Tanah Eks HGU

    Hore..! 1.200 KK Dapat Sertifikat Tanah Eks HGU JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menertibkan tanah bekas hak guna usaha (HGU) PT Sugih Mukti yang tidak dimanfaatkan dan sudah berakhir HGU-nya pada 1998 sel.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM