Benarkah Masker Kain Efektif Cegah Corona? Ini Kata Achmad Yurianto


Kamis, 26 Maret 2020 - 06:13:43 WIB
Benarkah Masker Kain Efektif Cegah Corona? Ini Kata Achmad Yurianto Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto menyebutkan, masker berbahan dasar kain dapat dijadikan alternatif untuk mencegah penularan virus.

Menurut Yuri, di tengah kondisi kelangkaan surgical mask seperti sekarang ini, masker kain dapat menjadi pilihan ketimbang tak menggunakan masker sama sekali.

"(Penggunaan masker berbahan dasar kain) ini lebih baik dibanding tanpa pakai masker," kata Yuri dikutip dari  Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Surgical mask pada umumnya digunakan karena memiliki lapisan yang dapat menahan droplet (percikan air ludah).

Adapun droplet merupakan sumber terjadinya penularan virus, karena dapat berpindah dari orang yang sakit ke orang sehat.

Menurut Yuri, masker kain juga punya fungsi yang sama sebagai penahan droplet, baik droplet pemakai maupun orang lain.

" Masker kain menahan droplet pemakai, dan bisa menahan droplet orang lain," ujarnya.

Sama seperti surgical mask, menurut Yuri, masker berbahan dasar kain juga tak boleh digunakan lama-lama.

Pengguna masker kain yang tidak sedang batuk dianjurkan mengganti masker tiap tiga jam sekali, sedangkan yang tengah flu disarankan mengganti masker lebih sering lagi.

Tak seperti surgical mask yang hanya dapat digunakan sekali pakai, masker kain dapat dipakai lebih dari satu kali, dengan catatan rajin dicuci.

Yuri pun menegaskan bahwa pencucian masker kain harus menggunakan sabun dan dipastikan bersih.

"Tetap cuci tangan pakai sabun mutlak," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, kelangkaan dan melambungnya harga surgical mask di tengah wabah Covid-19 menyebabkan sejumlah masyarakat memilih alternatif menggunakan masker berbahan dasar kain. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Juni 2020 - 07:46:48 WIB

    Mimpi Dikejar Ular, Benarkah Segera Bertemu Jodoh? Simak Maknanya

    Mimpi Dikejar Ular, Benarkah Segera Bertemu Jodoh? Simak Maknanya HARIANHALUAN.COM - Saat sedang tidur, tidak jarang kita mengalami apa yang dinamakan dengan bermimpi. Soal bermimpi saat tidur, mimpi dikejar dengan salah satu jenis hewan reptil, yakni ular adalah salah satu mimpi yang dial.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:53:45 WIB

    Sudah Benarkah Cara Anda Gunakan Hand Sanitizer?

    Sudah Benarkah Cara Anda Gunakan Hand Sanitizer? HARIANHALUAN.COM - Agar hand sanitizer atau cairan pembersih tangan bisa bekerja efektif, Anda harus mengeluarkan gelnya ke salah satu tangan Anda secukupnya dan memastikan menggosoknya ke seluruh jari dan tangan Anda sampai .
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 15:57:28 WIB

    Jelang Normal Baru, Benarkah Jamu Tak Lagi Diminati?

    Jelang Normal Baru, Benarkah Jamu Tak Lagi Diminati? HARIANHALUAN.COM - Racikan jamu mulai dari kunyit asam hingga empon-empon seperti yang disukai Presiden Joko Widodo begitu populer beberapa waktu terakhir seiring pandemi COVID-19, salah satunya untuk membantu meningkatkan si.
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 07:41:11 WIB

    Benarkah Makanan Beku Tidak Sehat? Ini Jawabannya

    Benarkah Makanan Beku Tidak Sehat? Ini Jawabannya HARIANHALUAN.COM -- Makanan beku bukan hal baru. Inovasi yang satu ini membuat orang bisa lebih leluasa menyimpan makanan dan mengolahnya ketika diperlukan..
  • Ahad, 12 April 2020 - 13:07:23 WIB

    Benarkah Minuman Panas Bikin Manusia Aman dari Corona? Ini Kata Ilmuwan

    Benarkah Minuman Panas Bikin Manusia Aman dari Corona? Ini Kata Ilmuwan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Minuman panas membuat tubuh manusia aman dari wabah Virus Corona. Benarkah demikian? Apa kata ilmuwan menanggapi hal ini? Kita ketahui bersama, terdapat beberapa saran aneh yang disebarkan perihal.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]