Keren! Polisi di Riau Semprotkan Disinfektan Pakai Drone ke Rumah Warga


Kamis, 26 Maret 2020 - 07:57:07 WIB
Keren! Polisi di Riau Semprotkan Disinfektan Pakai Drone ke Rumah Warga Drone yang digunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga oleh Polresta Pekanbaru dan Polda Riau. (dok. Istimewa)

PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM -- Pada Senin (23/3/2020) lalu, Polda Riau dan Polresta Pekanbaru telah melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil water canon di beberapa kawasan padat penduduk di Pekanbaru guna mencegah menyebarnya virus corona (covid-19).

Hari ini, mereka kembali melakukan penyemprotan. Namun, berbeda dari sebelumnya, penyemprotan kali ini menggunakan drone alias dilakukan dari udara. Peyemprotan kali ini ditujukan ke rumah-rumah warga.

"Penyemprotan disinfektan terkait covid-19 bertempat di 3 kelurahan yaitu Kelurahan Tanah Datar, Kelurahan Sukaramai, dan Kelurahan Kota Baru," jelas Humas Polresta Pekanbaru, Budhia, dikutip dari Riaumandiri.id (Haluan Media Group), Kamis (26/3/2020).

Penyemprotan yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB ini, menggunakan tiga unit drone, yakni satu drone kecil untuk mengimbau warga agar membuka jendela dan pintu rumah, dan dua drone berukuran besar menyemprotkan cairan disinfektan sebayak 15 liter.

Sebelum penyemprotan dilakukan, Bid Dokes Polda Riau, Agung mengatakan, "Penyemprotan ini dilakukan guna mencegah menyebarnya virus corona. Larutan yang disemprotkan tidak berbahaya karena menggunakan bahan dasar air. Nanti kalau telah dilakukan penyemprotan, silakan warga langsung mengelapnya dengan kain karena virus akan segera mati terkena disinfektan. Kami juga mengimbau agar warga selalu menjaga kebersihan."

Peyemprotan disinfektan ini rencananya akan bertahap menyasar daerah-daerah lain. Tidak hanya di Pekanbaru, Wakapolresta Pekanbaru, Yusup Rahmanto mengatakan kegiatan ini juga akan dilaksanakan di kabupaten lain.

"Iya hari ini kita lakukan di Kecamatan Pekanbaru Kota dan Rumbai. Tentu tidak hanya di dua kecamatan ini saja. Penyemprotan juga akan kita lakukan di seluruh kecamatan yang ada di Pekanbaru. Namun pelaksanaannya tentu bertahap bersama Polda Riau. Tidak hanya di Pekanbaru, nanti Polda Riau akan melakukan penyemprotan di kabupaten kota lainnya," terangnya. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM