Tangkal Virus Corona, RSUD M Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi


Kamis, 26 Maret 2020 - 16:18:03 WIB
Tangkal Virus Corona, RSUD M Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi Direktur RSUD M.Zein Painan, dr Sutarman

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein Painan telah menyiapkan tiga ruangan isolasi dan 30 dokter untuk pasien ODP dan PDP.

Direktur RSUD M.Zein Painan, Sutarman menyebutkan, tiga ruang isolasi bakal diperuntukan bagi pasien yang terdampak virus corona.

"Bagi pasien yang memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas, bakal menjalani perawatan sementara di ruang isolasi yang telah kami sediakan," katanya pada wartawan di Painan, Kamis (26/3).

Menurutnya, pasien yang memiliki gejala tersebut juga bakal diperiksa riwayatnya, pernah pergi ke daerah rawan atau melakukan interaksi langsung dengan ODP ataupun PDP.

"Ya, sudah pasti pasien ODP dan PDP bakal kami amankan di ruang isolasi," ucapnya lagi.

Kendati demikian, pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk menentukan pasien positif atau tidak terjangkit virus corona. Sebab, RSUD M.Zein Painan hanya menerima pasien ODP dan PDP.

"Jika pihak kami tidak mampu menangani pasien tersebut, maka dirujuk ke RSUP M.Djamil Padang. Sebab, batas waktu pasien yang di isolasi itu relatif. Jika kondisi stabil, membaik, tentu bisa kami pulangkan," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk para petugas medis. Setidaknya, terdapat 250 unit APD yang tersedia saat ini di RSUD M.Zein Painan.

"Namun, ketersediaan APD saat ini belum menjamin kebutuhan tenaga medis nantinya. Pihak kami sudah mengajukan tambahan ke Pemprov Sumbar," ucapnya.

Ia juga menyampaikan update data penanganan penyebaran Covid-19, di Kabupaten Pesisir Selatan, hingga pukul 15.00 WIB, Kamis 26 Maret 2020 sebagai berikut, Orang dengan status notifikasi sebanyak 171 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 13  orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang. (h/*)

 

Reporter : okis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 23:59:05 WIB

    PWI Pesisir Selatan Apresiasi Upaya Pemkab Pessel Tangkal Corona

    PWI Pesisir Selatan Apresiasi Upaya Pemkab Pessel Tangkal Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Selatan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, bersama instansi terkait yang telah melakukan berbagi upaya dalam pence.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 20:14:57 WIB

    Tangkal Penyebaran Covid-19, Mulyadi: Pemerintah Harus Segera Lakukan Tes Massal

    Tangkal Penyebaran Covid-19, Mulyadi: Pemerintah Harus Segera Lakukan Tes Massal PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi mengimbau pihak pemerintah pusat maupun daerah untuk menyegerakan melakukan tes virus Covid-19 atau corona secara massal. Hal ini bertujuan agar penyebaran virus tersebut di m.
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 19:10:27 WIB

    Begini Cara 'Asyik' Masyarakat Koto Rawang Tangkal Corona

    Begini Cara 'Asyik' Masyarakat Koto Rawang Tangkal Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Meskipun marak isu virus Carona di berbagai daerah, namun tidak membuat ciut masyarakat Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan secara terpadu melaksanakan kerja bakti melakukan pember.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 08:03:14 WIB

    Mantap! Begini Persiapan Pemkab Dharmasraya Tangkal Serangan Corona

    Mantap! Begini Persiapan Pemkab Dharmasraya Tangkal Serangan Corona DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya untuk mengantisipasi merebaknya penyebaran virus COVID 19. Salah satunya adalah dengan membagikan alat semprot disinfektan ke beberapa pen.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:15:43 WIB

    Gebu Minang Tangkal Hoaks

    Gebu Minang Tangkal Hoaks PADANG, HARIANHALUAN.COM – Gebu Minang melakukan seminar nasional tentang upaya menangkal hoaks dan ujaran kebencian dalam rangka memperingati HUT Gebu Minang ke-29, di Buana Lestari Hotel Syariah, Kamis (27/12). Orang Mina.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM