Satu Warga Positif, Kota Padang Tetapkan KLB Korona


Kamis, 26 Maret 2020 - 21:18:51 WIB
Satu Warga Positif, Kota Padang Tetapkan KLB Korona Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona atau Covid-19, Kamis (26/3/2020). KLB ditetapkan oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah setelah salah satu warganya ditetapkan positif terjangkit Corona.

Sebelumnya diberitakan, Sumbar memastikan lima orang warganya positif terinfeksi virus Corona, Kamis (26/3/2020) sore. Kelima orang tersebut dengan rincian seorang dari Padang, seorang dari Pesisir Selatan, dua orang dari Bukittinggi dan seorang lagi dari Tanah Datar. 

"Dari laporan Dinkes bahwa sudah ada satu orang yang positif, maka status Kota Padang sudah kejadian luar biasa," kata Mahyeldi.

Sekaitan dengan hal itu, Mahyeldi mengatakan, Kota Padang sebagai daerah kondisi yang sangat tinggi potensi penularan Covid-19 dan secara faktual sudah ada warga Kota Padang yang positif terpapar Covid 19.

"Dalam menerapkan distancing social sebagai pencegahan Covid-19, maka kepada pengurus masjid di Kota Padang diminta menganti shalat Jumat dengan shalat dzuhur di rumah masing-masing untuk masa waktu 2 minggu ke depan (14 hari) sesuai masa inkubasi virus covid 19," ujar Mahyeldi.

Selain itu, Mahyeldi mengimbau, masyarakat Kota Padang tidak diperbolehkan lagi berada di tempat keramaian. Bahkan pihaknya sudah menyikapi pada rapat ini kepada masyarakat tidak ada lagi keramaian-keramaian, tidak lagi berkumpul kafe, warung, toko-toko dan lainnya, termasuk rumah ibadah.

"Mulai besok Jumat (27/3/2020), shalat Jumat ditiadakan di mesjid. Kita minta jamaah untuk menggantinya dengan shalat dzuhur di rumah masing-masing," imbau Mahyeldi.

Begitu pula, shalat berjamaah lima waktu di masjid juga tidak diperbolehkan. Maka untuk itu pada hari ini diputuskan bahwasanya untuk pelaksaan shalat Jumat dikerjakan di rumah masing-masing dan diganti dengan shalat dzuhur. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 20:01:46 WIB

    UPDATE: Dua Warga Padang Positif Corona, Salah Satunya Petugas Medis

    UPDATE: Dua Warga Padang Positif Corona, Salah Satunya Petugas Medis PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Enam warga Sumatra Barat dipastikan positif terinfeksi korona, dua diantaranya diketahui berasal dari Kota Padang. Kedua orang positif korona di Padang adalah seorang petugas medis dan seorang yang.
  • Senin, 27 Januari 2020 - 20:40:32 WIB

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan nota penjelasan Wali Kota Padang terkait usulan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemk.
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 19:26:47 WIB

    Tahun 2020, Hanya Satu Pasar Satelit Direvitalisasi di Kota Padang

    Tahun 2020, Hanya Satu Pasar Satelit Direvitalisasi di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemko) Padang hanya merevitalisasi satu pasar satelit yaitu Pasar Lubuk Buaya. Dengan anggaran Rp4 miliar, pengerjaan pasar tersebut dilakukan ke arah sel.
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 09:30:50 WIB

    Malam Ini, Jalan di Pantai Padang hanya Satu Arah

    Malam Ini, Jalan di Pantai Padang hanya Satu Arah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satlantas Polresta Padang akan melakukan rekayasa lalulintas (lalin) pada malam pergantian Tahun Baru. Rekayasa lalin ini mulai diberlakukan dua jam menjelang pergantian tahun..
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 15:50:07 WIB

    2021, Pemko Padang Targetkan SD dan SMP Satu Shift

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) menargetkan pada 2021 mendatang seluruh SD dan SMP sudah dapat beroperasi satu shift. Untuk dapat mencapai itu Pemko Padang membutuhkan anggaran Rp150 milyar agar dapat meme.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM