Antisipasi Korona, Masjid yang Ada di Jalinsum Dharmasraya Tiadakan Salat Jumat


Kamis, 26 Maret 2020 - 21:59:52 WIB
Antisipasi Korona, Masjid yang Ada di Jalinsum Dharmasraya Tiadakan Salat Jumat Untuk antisipasi penyebaran Virus Corona, salah satu mesjid di Gunung Medan dilakukan penyemprotan, karena mesjid tersebut akan menjadi tujuan tempat ibadah bagi kaum muslimin dampak mesjid di pinggir Jalinsum tidak menggelar Shalat Jumat. Maryadi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Masjid yang ada di sepanjang jalan lintas Sumatera di Kabupaten Dharmasraya mulai Jumat (27/3/2020) tidak menggelar salat Jumat. Hal itu diputuskan bersama Forkopimda terdiri dari Bupati Dharmasraya, Kapolres Dharmasraya, Ketua MUI dan Kakankemenag. 

Masing-masing mempunyai nomor surat dan ditandatangani oleh pimpinan instansi. Kesepakatan bersama itu dibuat merujuk kepada imbauan dari pemerintah pusat, kemudian dibuat pula kesepakatan di Kabupaten Dharmasraya bersama Forkopimda. Dalam surat itu menyebutkan bahwa untuk antisipasi pandemi virus corona di Kabupaten Dharmasraya yang dibelah oleh Jalinsum dan merupakan salah satu pintu gerbang Sumbar.

Maka, secara bersama sama diputuskan bahwa masjid yang berada di sepanjang Jalinsum tidak menggelar salat Jumat. Mulai dari Mesjid Al Ikhwan yang berada di perbatasan Sumbar dan Jambi, sampai ke mesjid yang berada di Sialang Kecamatan Pulau Punjung. Pasalnya, masuknya orang dari luar Dharmasraya atau Sumbar tidak akan terpantau.

Surat tersebut sudah diedarkan ke kecamatan dan nagari yang masjidnya terkena imbas keputusan bersama tersebut. Untuk Nagari Gunung Medan saja, ada tiga masjid yang tidak menggelar salat Jumat. Oleh sebab itu, Wali Nagari melalui Kepala Jorong meminta antisipasi meledaknya jamaah ke masjid lain yang berada di dalam atau jauh dari Jalinsum. (*)

Reporter : Maryadi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 16:36:43 WIB

    Antisipasi Covid-19, DPC Gerindra Kota Payakumbuh Lakukan Penyemprotan Desinfektan 

    Antisipasi Covid-19, DPC Gerindra Kota Payakumbuh Lakukan Penyemprotan Desinfektan  PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi, DPC Partai Gerindra Kota Payakumbuh bergerak melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah pinggiran.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 21:13:42 WIB

    Antisipasi Corona, Relawan 87 Bergerak di Situjuah

    Antisipasi Corona, Relawan 87 Bergerak di Situjuah SITUJUAH, HARIANHALUAN.COM -- Kian merebaknya penyebaran virus Corona (Covid-19) di Sumbar membuat warga kian was-was. Data terakhir di Sumbar, hingga Senin (30/3/2020), sudah sembilan orang yang dinyatakan positif Covid-19. .
  • Senin, 30 Maret 2020 - 18:25:37 WIB

    Antisipasi Corona, Satgas KNPI Sumbar Segera Dibentuk

    Antisipasi Corona, Satgas KNPI Sumbar Segera Dibentuk PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai salah satu langkah dalam mengantisipasi dan menangani dampak Covid-19, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Sumatera Barat berencana membentuk .
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:07:32 WIB

    Antisipasi Sebaran Corona, Sumbar Siapkan Ratusan Ruang Isolasi

    Antisipasi Sebaran Corona, Sumbar Siapkan Ratusan Ruang Isolasi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar tengah mempersiapkan ratusan lebih ruangan isolasi dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terburuk penyebaran virus Corona atau Covid-19 di provinsi itu. Sedikit ada empat lokasi ru.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 11:33:19 WIB

    24 Fasum Disemprot Disinfektan, SEML Antisipasi Covid-19

    24 Fasum Disemprot Disinfektan, SEML Antisipasi Covid-19 SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 24 Fasilitas Umum (Fasum) di Solok Selatan (Solsel) selama tiga hari disemprot disinfektan oleh PT Supreme Energy Muaralaboh (PT SEML). Hal itu guna mencegah terjadinya penyebaran pa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM