5 Asupan yang Diklaim Bisa Redakan Sesak Napas


Jumat, 27 Maret 2020 - 06:24:07 WIB
5 Asupan yang Diklaim Bisa Redakan Sesak Napas Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pernah nggak sih saat bangun tidur atau beraktivitas pagi, merasa napas agak sesak? Ini pun menjadi salah satu gejala saat terinfeksi virus corona juga lho.

Tapi, jangan panik masih ada cara mudah untuk mengatasi sesak napas yang sering terjadi. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini 5 asupan yang bisa bantu kurangi sesak napas.

1. Biji-bijian
Biji-bijian berserat seperti gandum, quinoa, dan beras merah bisa bantu menyehatkan paru-paru. Jadi, mulai kurangi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti pasta putih.

Saat mengkonsumsi itu, produksi karbon dioksida akan meningkat dan malah menekan paru-paru. Akhirnya, membuatnya sulit bernapas dengan baik.

2. Kacang
Kacang memberikan vitamin E untuk tubuh, yang bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menciptakan sel darah merah yang mengantarkan banyak oksigen untuk tubuh.

Dengan itu, pasokan oksigen pada paru-paru akan stabil, sehingga mencegah pembuluh darah di paru-paru menyempit. Itu membuat pernapasan menjadi lebih baik.

3. Buah-buahan
Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang berwarna oranye, seperti labu, jeruk, dan pepaya.

Itu kaya akan antioksidan, sehingga ramah untuk paru-paru. Tapi, perlu diingat harus tetap mengkonsumsi buah dan sayur yang bervariasi ya.

4. Kafein
Bukan hanya menahan kantuk, kafein juga bisa membantu mengatasi sesak napas. Kafein yang berperan sebagai bronkodilator ini berfungsi untuk membuka saluran udara yang ketat pada pengidap asma dan mengurangi kelelahan otot pernapasan.

Berdasarkan beberapa studi, kafein juga bisa meningkatkan fungsi paru-paru hingga empat jam lho.

5. Jus apel
Apel mengandung asam fenolik dan flavonoid, yang dikenal bisa mengurangi peradangan pada saluran udara. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan di Inggris.

Dalam penelitian itu, menemukan bahwa anak-anak yang minum jus apel sekali dalam sehari, bisa mengurangi permasalahan pernapasan.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 08:17:31 WIB

    Kok Bisa? Pangeran Charles Sembuh dari Corona dalam 5 Hari

    Kok Bisa? Pangeran Charles Sembuh dari Corona dalam 5 Hari HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Pangeran Charles dari keluarga kerjaan Inggris dilaporkan telah terinfeksi virus corona Covid-19. Dalam waktu singkat, ia sudah dinyatakan sembuh. Pihak istana telah mengumumkan bahwa Pangeran Char.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 14:57:50 WIB

    Perlu Tahu! 5 Fakta Kasus Positif Corona Tapi Tak Bergejala

    Perlu Tahu! 5 Fakta Kasus Positif Corona Tapi Tak Bergejala JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Virus corona umumnya ditandai dengan gejala demam, batuk, pilek, hingga sesak napas. Namun beberapa kasus dilaporkan tanpa gejala..
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 20:59:24 WIB

    Tindakan Pertama Jika Mengalami 5 Gejala Tertular Corona Covid-19 Ini

    Tindakan Pertama Jika Mengalami 5 Gejala Tertular Corona Covid-19 Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mewabahnya pandemi virus corona Covid-19 di Indonesia kini semakin meluas. Begitu pula dengan negara lain seperti Italia yang merupakan salah satu negara Eropa yang paling parah dalam menerima damp.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 20:38:31 WIB

    5 Fakta Hantavirus, Gejala hingga Penularannya

    5 Fakta Hantavirus, Gejala hingga Penularannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hantavirus adalah virus pada tikus yang belakangan banyak dibicarakan. Bukan virus baru, tetapi bikin panik karena tiba-tiba banyak dibicarakan di tengah pandemi virus corona COVID-19 yang belum ju.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 10:29:51 WIB

    Yuk Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini untuk Perkuat Imunitas

    Yuk Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini untuk Perkuat Imunitas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Terlebih di hari-hari ini saat wabah virus corona atau Covid-19 menyerang, daya tahan tubuh yang baik diyakini dapat me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM