Gubernur Ini Sebut Orang Miskin Kebal Virus Corona


Jumat, 27 Maret 2020 - 08:07:46 WIB
Gubernur Ini Sebut Orang Miskin Kebal Virus Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur salah satu negara bagian di Meksiko tengah mengatakan jika orang miskin kebal terhadap infeksi virus corona.

Gubernur Puebla, Miguel Barbosa, menyampaikan argumennya itu setelah melihat persentase orang yang mengidap Covid-19 kebanyakan dari kalangan orang kaya, termasuk beberapa petinggi bisnis.

Seorang pejabat tinggi Meksiko mengatakan tiga perempat dari 475 kasus virus corona diketahui terkait dengan jejak melakukan perjalanan ke luar negeri. Beberapa pasien diketahui sempat berlibur ke resor ski di Italia hingga Amerika Serikat.

Atas dasar itu, Barbosa mengatakan tak ada indikasi orang miskin melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Mayoritas (pasien Covid-19) adalah orang kaya. Jika Anda kaya, maka Anda berisiko. Jika Anda miskin, tidak (berisiko). Kami miskin, makanya kami kebal virus corona," ujar Barbosa seperti mengutip Associated Press.

Barbosa menambahkan jika standar sanitasi buruk di kalangan orang miskin membuat sistem kekebalan tubuh mereka lebih kuat saat terpapar bakteri.

Kendati demikian, tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan ucapan Barbosa tersebut. Kebanyakan orang yang divonis terinfeksi virus corona mengalami gejala ringan seperti demam dan batuk selama dua minggu, namun gejalanya bisa lebih parah bagi lansia.

Kasus pandemi virus corona di Meksiko hingga kini mencapai 475 dengan enam kematian dan 35 orang dinyatakan sembuh.

Menanggapi penyebaran virus corona, Wakil Sekretaris Kesehatan, Hugo Lopez-Gatell mengatakan mulai Kamis (27/3) pemerintah federal akan menghentikan seluruh aktivitas, kecuali kegiatan-kegiatan penting.

Sejumlah layanan yang masih beroperasi antara lain rumah sakit, produksi bahan bakar, listrik, sanitasi publik, dan penegakan hukum sebagai bagian dari pelayanan publik yang tidak turut dihentikan sementara.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 Januari 2019 - 10:55:47 WIB
    SECARA KEUANGAN RUGI, SECARA BISNIS UNTUNG

    Gubernur Nilai Balairung Bersih

    Gubernur Nilai Balairung Bersih PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyangkal terjadinya dugaan praktik korupsi dalam pengelolaan Hotel Balairung. Ia menilai, minimnya kontribusi hotel yang dikelola dalam bentuk Badan Usa.
  • Senin, 30 April 2018 - 15:06:48 WIB

    Kuasa Hukum Yusafni: Pengalihan Anggaran Kewenangan Gubernur Sumbar

    Kuasa Hukum Yusafni: Pengalihan Anggaran Kewenangan Gubernur Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Menyikapi kebuncahan soal aliran dana yang dipaparkan Yusafni Ajo, baik di dalam persidangan atau di luar sidang, Bob Hasan selaku kuasa hukum Yusafni memberikan sejumlah penegasan yang dikirim ke.
  • Rabu, 18 April 2018 - 11:56:59 WIB
    TERKAIT PELIMPAHAN PROYEK KASUS SPJ FIKTIF

    Intruksi Gubernur Sumbar Dinilai Janggal

    Intruksi Gubernur Sumbar Dinilai Janggal Intruksi Gubernur Sumbar yang jadi landasan pengalihan proyek dari kewenangan pusat ke daerah dengan nilai ratusan miliar dianggap janggal kalangan aktivis. Apa motif gubernur mengalihkan kewenangan dan membebankan biaya ke A.
  • Selasa, 17 April 2018 - 11:45:26 WIB

    Petaka Kebijakan Gubernur Sumbar

    Petaka Kebijakan Gubernur Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengalihan anggaran atas kebijakan gubernur itu disampaikan mantan Kepala Dinas Prasjaltarkim (sekarang Dinas PU/PR) Sumbar Suprapto, Senin (16/4) di depan majelis hakim Pengadilan Tipikor Padang..
  • Selasa, 10 April 2018 - 11:26:03 WIB

    Uang Proyek Dialihkan, Terdakwa Rp62,5 Miliar Pakai SK Gubernur Sumbar

    Uang Proyek Dialihkan, Terdakwa Rp62,5 Miliar Pakai SK Gubernur Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Persoalan pemindahan uang ini diungkap Costumer Service Officer (CSO) Bank Mandiri KC Padang Taman Melati, Rianti Nova dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Padang, Senin (9/4). SK Gubernur .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM