ASN Dharmasraya Bekerja dari Rumah Mulai Pekan Depan


Jumat, 27 Maret 2020 - 09:10:12 WIB
ASN Dharmasraya Bekerja dari Rumah Mulai Pekan Depan Bupati Dharmasraya memantau langsung Pos pemantauan Covid 19  di perbatasan Sumbar dan Jambi di Sungai Rumbai bersama Forkopimda.Humas

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Keseriusan Pemkab Dharmasraya untuk mengatasi penyebaran virus Corona di Kabupaten Dharmasraya kembali terlihat, awalnya  mengalihkan kegiatan belajar dari sekolah ke rumah, kemudian himbauan bupati dan menurunkan pasukan Pol PP untuk mengawasi ke lapangan instruksi bupati tersebut, membuat 100 ribu masker pada Disnakertrans, membuat pos pemantau di perbatasan Sumbar dan Jambi.

Kemudian Bupati Dharmasraya bersama Forkopimda mengeluarkan keputusan bersama untuk tidak melakukan kegiatan di mesjid dan musala sepanjang jalinsum dan yang terakhir ini mengeluarkan edaran bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), yang akan dimulai Senin, 30 Maret 2020.

Pemberlakuan WFH oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Dharmasraya Nomor: 800/226/BKPSDM-2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya," katanya.

Dikatakan bupati, Surat Edaran tertanggal 26 Maret 2020 itu merupakan tindaklanjut atas instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor 800/1881/V/BKD-2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Namun demikian, katanya, tidak semua ASN harus bekerja dari rumah. ASN yang bertugas di perangkat daerah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, seperti rumah sakit, Puskesmas, Dinas Dukcapil, dan Dinas PMPTSP, tetap masuk kantor, guna memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan. Tetapi mereka diminta membatasi pelayanan yang bersifat tatap muka. Kalau memungkinkan, diupayakan melakukan pelayanan melalui aplikasi dan data elektronik.

Sementara itu, katanya, ada ketentuan perangkat daerah yang bertugas di luar pelayanan publik, diizinkan untuk bekerja dari rumah. Namun, pejabat Eselon II dan Eselon III wajib melaksanakan tugas seperti biasa. Sedangkan untuk Eselon IV dan jajaran fungsional umum, disusun berdasarkan jadwal piket.

Ia menegaskan bahwa ASN yang bekerja dari rumah, harus siap untuk datang ke kantor, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.(*)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]