MUI Pasaman Belum Ambil Sikap, Salat Jumat Masih Boleh di Masjid


Jumat, 27 Maret 2020 - 10:03:54 WIB
MUI Pasaman Belum Ambil Sikap, Salat Jumat Masih Boleh di Masjid Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman belum mengambil sikap apapun menyikapi semakin mewabahnya penyebaran virus corona (Covid-19) di Sumatera Barat. Saat ini, 5 warga Sumbar dinyatakan positif terpapar virus corona, 2 diantaranya di Bukittinggi. 

Sementara di Kabupaten Pasaman, berdasarkan data pantauan Covid-19, pada laman https://corona.pasaman.go.id/, Kamis (26/3), tercatat 53 orang dalam pemantauan (ODP), 661 notifikasi atau orang yang datang atau masuk ke wilayah Pasaman dari luar negeri atau propinsi di Indonesia.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Ketua MUI Kabupaten Pasaman, Habibullah membenarkan, bahwa pihaknya belum mengeluarkan maklumat apa pun untuk melarang umat Islam melaksanakan salat jumat lalu diganti dengan salat zuhur di rumah, maupun pelaksanaan salat fardu lainnya secara berjamaah di masjid, sebagai langkah antisipatif penyebaran Covid-19. 

"Sampe malam tadi, Pasaman belum sampai pada status menghawatirkan. Karena itu praktik ibadah kita sepertia biasa, namun tetap mengikuti perkembangan dan memperhatikan kondisi masing-masing daerah," ujar Habibullah dikutip harianhaluan.com, dari percakapannya di laman facebook, Jumat (27/3).

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Untuk itu, kata Habibullah, dimaklumatkan kepada ummat Islam di daerah itu bahwa pelaksanaan ibadah, baik Salat Jumat maupun Salat fardu lainnya masih dalam kondisi normal alias boleh dilakukan secara berjemaah di tiap masjid, belum ada pelarangan. 

"Salat jumat tetap seperti biasa, tapi tetap waspada. Bawa sajadah masing-masing dan tindakan antisipatif lainnya. Selama hukum yang baru belum ada, maka hukum lamalah yang berlaku. Hukum awalnya, adalah tetap ibadah seperti biasa," tukasnya. 

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Sementara sejumlah warga Pasaman sudah mendesak, agar MUI kabupaten itu segera mengeluarkan maklumat bagi umat Islam di daerah itu, menyikapi penularan virus corona (Covid-19) agar tidak semakin menyebar dan meluas, lalu menjangkiti warga daerah itu. 

Keputusan MUI Kabupaten Pasaman ini sangat bertolak belakang dengan apa yang sudah dilakukan oleh MUI Sumatera Barat. Kamis (26/3), MUI Sumatera Barat, telah mengeluarkan Maklumat dan Tausiyah yang mengimbau pelaksanaan salat jumat ditiadakan sementara, dan diganti dengan salat zuhur di rumah masing-masing.(*)

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Reporter : Yudi Lubis | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]