Masuk Wilayah Sawahlunto saat Pandemi Korona? Penuhi Syarat Ini Dulu


Jumat, 27 Maret 2020 - 11:34:51 WIB
Masuk Wilayah Sawahlunto saat Pandemi Korona? Penuhi Syarat Ini Dulu Posko pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan di perbatasan kota Sawahlunto dengan daerah tetangga yang dilakukan oleh BPBD, Dinkes, Dishub dan diperkuat oleh TNI/Polri. Humas

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Antispasi penyebaran virus Corona masuk ke Sawahlunto, setiap warga yang melintasi masuk dari wilayah tetangga, yakni kabupaten Tanah Datar, Solok dan juga Kabupaten Sijunjung harus melewati pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Tindakan iti dilakukan oleh tim satuan gugus tugas yang tediri BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan didukung oleh TNI dan Polri.

"Ini langkah antisipasi yang harus kita lakukan, sehingga dapat mencegah meluasnya virus Covid - 19 melalui warga yang berasal atau berpergian dari luar daerah khususnya daerah yang telah positif terpapar Corona," ujar Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Jumat (27/3/20).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Sementara untuk kebijakan anggaran, Pemko Sawahlunto menyiapkan anggaran sebesar Rp9 miliar lebih untuk penanganan Corona. Saat ini sduah dicairkan sebesar Rp473 juta untuk pembelian alat pelindung diri (APD) dan perlengakapan lainnya untuk tenaga medis atai kesehatan serta penambahan pembelian disinfektan dan hand sanitizer oleh BPBD.

"Segala upaya pencegahan dilakukan semaksimal mungkin. Upaya ini tentu harus didukung sepenuhnya oleh masyarakat. Masyarakat harus mampu menahan diri untuk tetap dirumah, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah harus tetap menjaga jarak dengan yang lainnya dan memakai masker," ujarnya.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Deri Asta juga mengungkapkan, masyarakat jangan langsung percaya dengan berbagai isu dan berita yang belum tentu kebenarannya. Jangan panik tapi tidak boleh anggap enteng hal tersebut. Untuk informasi perkembangan Corona lanjut Walikota disampaikan secara satu pintu Dinas Kesehatan dan akan dirilis melalui Humas Setdako.(*)

Reporter : Riki Yuherman | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]