Kenali Gejala Korona dan Bedanya dengan Flu Biasa


Jumat, 27 Maret 2020 - 13:48:46 WIB
Kenali Gejala Korona dan Bedanya dengan Flu Biasa Ilustrasi virus corona/COVID-19.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hingga pagi ini, Jumat, 27 Maret 2020, tercatat ada 500 ribu lebih masyarakat di dunia yang positif terpapar virus corona atau COVID-19, dan 24 ribu lebih yang meninggal. Meningkatnya kasus positif corona, semakin meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap virus ini. 

Penting untuk mengetahui apa ciri atau tanda seseorang terjangkit virus corona. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, seseorang yang terkena virus ini akan menunjukkan gejala demam hingga gejala saluran pernapasan, dengan rentang waktu dua hingga 14 hari setelah terinfeksi. 

"Kami menekankan pada gejala demam plus gejala saluran pernapasan bagian bawah yang dikenal batuk atau kesulitan bernapas," kata pakar penyakit menular, Dr William Schaffner, profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, dikutip dari Viva.co.id, Jumat (27/3/2020).

Sangat penting bagi Kamu bisa mengidentifikasi gejala-gejala. Maka dari itu, berikut ini ciri-ciri atau tanda seseorang terinfeksi virus corona.

Demam

Demam adalah gejala utama, kata para ahli. Demam ini berkisar pada suhu 37,7 derajat Celsius untuk anak-anak dan orang dewasa.

"Ada banyak kesalahpahaman tentang demam. Suhu harian rata-rata adalah 37 derajat Celsius, tetapi suhu kita semua akan mengalami naik-turun. Suhu kita akan naik atau turun sebanyak setengah derajat atau satu derajat pada siang hari. Jadi 37,2 derajat atau 37,5 derajat Celsius bukan demam," kata kepala divisi penyakit menular anak di Rumah Sakit Anak Pittsburgh University Medical Center of Pittsburgh, Dr.  John Williams. 

Dia juga menekankan untuk memeriksa suhu tubuh disarankan pada pagi hari.

"Suhu  tidak sama di siang hari. Jika kamu mengeceknya pada pukul delapan pagi, itu mungkin normal," jelas Schaffner.

Salah satu gejala demam yang paling umum adalah suhu tubuh seseorang akan naik di siang hari atau petang. Dan di waktu ini adalah cara umum virus menghasilkan demam.

Batuk

Batuk adalah gejala utama lainnya jika seseorang terkena virus corona. Tetapi Schaffner menjelaskan bahwa batuk tanda terpapar virus corona ini berupa berupa batuk kering yang dirasakan di dada.

"Ini bukan rasa gatal di tenggorokanmu. Kamu tidak hanya berdehem. Kamu tidak mengeluarkan apa-apa. Batuknya menyusahkan, berasal dari tulang dada atau sternum. Dan kamu bisa tahu bahwa saluran bronkial kamu meradang atau teriritasi," tambahnya. (*)

Editor : Milna | Sumber : Viva.co.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]