Facebook Berbagi Tips untuk UMKM Hadapi Ramadan saat Wabah Korona, Yuk Simak


Jumat, 27 Maret 2020 - 14:02:18 WIB
Facebook Berbagi Tips untuk UMKM Hadapi Ramadan saat Wabah Korona, Yuk Simak Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah corona (Covid-19) yang tengah melanda dunia turut memberikan pukulan telak bagi sektor bisnis. Di Indonesia, tak hanya perusahaan besar yang terkena imbas. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pun turut merasakan dampaknya.

Apalagi, bulan Ramadan kian dekat, ditambah dengan imbauan pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah. Kondisi ini membuat pelaku UMKM harus memutar otak.

Jejaring sosial Facebook turut memberikan sejumlah tips untuk pelaku UMKM dalam menghadapi Ramadan di tengah wabah Covid-19 ini. 

Menurut Head of Marketing Facebook Indonesia, Hilda Kitti, masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan selama Ramadan. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. 

"Hal itu memiliki aspek sosial yang penting, sehingga, pemilik merek dan UKM memiliki sebuah peluang untuk membangun interaksi dengan pelanggan mereka melalui konten yang relevan," jelas Hilda dilansir dari Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Facebook pun menyarankan para pelaku UMKM agar memanfaatkan platform digital yang memang digandrungi oleh khalayak Tanah Air. 

Berdasarkan riset yang dilakuan, platform digital besutan Facebook, misalnya, WhatsApp menjadi media sosial terfavorit karena dipilih oleh sekitar 85 persen responden. 

Selain eksis di platform digital, Facebook juga menyarankan agar pelaku UMKM bisa memahami perilaku konsumen. 

Pada bulan Ramadhan, Facebook menemukan, konsumen melakukan kegiatan bervariasi berdasarkan tema bulan suci. 

Sebanyak 71 persen responden, misalnya, gemar memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa, di mana 52 persen responden senang melakukan pekerjaan rumah tangga untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan. 

Ada pula 53 persen responden yang mengaku memanfaatkan momen tersebut untuk membeli baju baru, serta 46 persen responden yang mengatakan bahwak mereka kerap membeli hadiah untuk kerabat atau keluarga. 

Melihat beragam aktivitas tersebut, menurut Facebook, pelaku UMKM harus memahami perilaku konsumen dan memanfaatkan peluang tersebut untuk menciptakan beragam ide bisnis.

Beberapa di antaranya seperti membuat produk yang bermanfaat sesuai dengan aktivitas yang ramai dilakukan di bulan Ramadhan, membangun interaksi yang bermakna serta relevan dengan konsumen, memberikan tips di bulan suci, dan lain sebagainya. 

"Kami yakin bahwa UMKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek, melalui cara yang lebih dekat dan efektif," tutur Hilda. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 07:17:55 WIB

    Meresahkan, Facebook Blokir Iklan Hand Sanitizer dan Test Kit Corona

    Meresahkan, Facebook Blokir Iklan Hand Sanitizer dan Test Kit Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dua media sosial populer di dunia, Twitter dan Facebook benar-benar memerangi hoaks dan pihak yang mengambil keuntungan secara ilegal atas maraknya kasus virus covid-19 atau corona..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 14:53:18 WIB

    Redam Kepanikan Warga, Facebook Setop Iklan Masker soal Corona

    Redam Kepanikan Warga, Facebook Setop Iklan Masker soal Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Facebook mengumumkan larangan iklan masker wajah untuk sementara waktu. Langkah tersebut untuk mencegah kepanikan warga di tengah wabah virus corona yang tengah melanda 95 negara..
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 12:02:19 WIB

    Cara Menghapus Akun Facebook Jika Seseorang Mati

    Cara Menghapus Akun Facebook Jika Seseorang Mati JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jika kita mati, salah satu hal yang mungkin ditinggalkan adalah akun media sosial, salah satunya Facebook. Untungnya, Facebook memiliki pengaturan khusus sebagai permintaan terakhir seandainya kita.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 02:42:43 WIB

    Ingin Akun Facebook Anda Hilang, Ini Cara Menghapusnya Secara Permanen

    Ingin Akun Facebook Anda Hilang, Ini Cara Menghapusnya Secara Permanen TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Elon Musk, bos Tesla dan SpaceX baru-baru ini menyerukan #DeleteFacebook melalui cuitannya di Twitter. Tak ada salahnya sih, terkadang kita juga punya beragam alasan untuk berhenti bermain media sos.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 11:42:33 WIB

    Giliran Facebook Kini Tak Berdaya Gara-gara Corona

    Giliran Facebook Kini Tak Berdaya Gara-gara Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona menimbulkan korban lagi dari sisi penyelenggaraan acara. Bila sebelumnya Mobile World Congress (MWC) 2020 Barcelona, maka kini giliran konferensi Facebook yang ditaklukkan virus yang t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM