Facebook Berbagi Tips untuk UMKM Hadapi Ramadan saat Wabah Korona, Yuk Simak


Jumat, 27 Maret 2020 - 14:02:18 WIB
Facebook Berbagi Tips untuk UMKM Hadapi Ramadan saat Wabah Korona, Yuk Simak Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah corona (Covid-19) yang tengah melanda dunia turut memberikan pukulan telak bagi sektor bisnis. Di Indonesia, tak hanya perusahaan besar yang terkena imbas. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pun turut merasakan dampaknya.

Apalagi, bulan Ramadan kian dekat, ditambah dengan imbauan pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah. Kondisi ini membuat pelaku UMKM harus memutar otak.

Jejaring sosial Facebook turut memberikan sejumlah tips untuk pelaku UMKM dalam menghadapi Ramadan di tengah wabah Covid-19 ini. 

Menurut Head of Marketing Facebook Indonesia, Hilda Kitti, masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan selama Ramadan. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. 

"Hal itu memiliki aspek sosial yang penting, sehingga, pemilik merek dan UKM memiliki sebuah peluang untuk membangun interaksi dengan pelanggan mereka melalui konten yang relevan," jelas Hilda dilansir dari Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Facebook pun menyarankan para pelaku UMKM agar memanfaatkan platform digital yang memang digandrungi oleh khalayak Tanah Air. 

Berdasarkan riset yang dilakuan, platform digital besutan Facebook, misalnya, WhatsApp menjadi media sosial terfavorit karena dipilih oleh sekitar 85 persen responden. 

Selain eksis di platform digital, Facebook juga menyarankan agar pelaku UMKM bisa memahami perilaku konsumen. 

Pada bulan Ramadhan, Facebook menemukan, konsumen melakukan kegiatan bervariasi berdasarkan tema bulan suci. 

Sebanyak 71 persen responden, misalnya, gemar memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa, di mana 52 persen responden senang melakukan pekerjaan rumah tangga untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan. 

Ada pula 53 persen responden yang mengaku memanfaatkan momen tersebut untuk membeli baju baru, serta 46 persen responden yang mengatakan bahwak mereka kerap membeli hadiah untuk kerabat atau keluarga. 

Melihat beragam aktivitas tersebut, menurut Facebook, pelaku UMKM harus memahami perilaku konsumen dan memanfaatkan peluang tersebut untuk menciptakan beragam ide bisnis.

Beberapa di antaranya seperti membuat produk yang bermanfaat sesuai dengan aktivitas yang ramai dilakukan di bulan Ramadhan, membangun interaksi yang bermakna serta relevan dengan konsumen, memberikan tips di bulan suci, dan lain sebagainya. 

"Kami yakin bahwa UMKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek, melalui cara yang lebih dekat dan efektif," tutur Hilda. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 06:43:47 WIB

    Kacau, 5.000 Data Pengguna Facebook Bocor

    Kacau, 5.000 Data Pengguna Facebook Bocor HARIANHALUAN.COM - Facebook mengakui adanya kekeliruan dalam sistem perusahaan yang membiarkan 5.000 developer aplikasi mengumpulkan data pengguna. Tidak diketahui berapa besar dana pengguna yang telah diambil secara ilegal .
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:52:34 WIB

    Awas, Facebook Bakal Blokir Pengguna yang Share Berita Jadul

    Awas, Facebook Bakal Blokir Pengguna yang Share Berita Jadul HARIANHALUAN.COM - Facebook masih berjibaku menangkal peredaran hoaks dan berita keliru di platform-nya. Satu per satu fitur baru diperkenalkan demi meminimalisasi perederan berita-berita tersebut..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 13:36:25 WIB

    Kenapa Facebook dan Twitter Kembali Hapus Video Donald Trump?

    Kenapa Facebook dan Twitter Kembali Hapus Video Donald Trump? HARIANHALUAN.COM - Facebook dan Twitter kembali menghapus video yang dipostingkan oleh akun milik Donald Trump. Hal ini bukan pertama kali terjadi pada presiden AS tersebut. Paling baru, video yang dipostingkan Donald Trump b.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 15:04:44 WIB

    Inilah Cara Mematikan Iklan Politik di Facebook dan Instagram

    Inilah Cara Mematikan Iklan Politik di Facebook dan Instagram HARIANHALUAN.COM – Dalam beberapa minggu ke depan, pengguna Facebook dan Instagram bisa mematikan seluruh iklan politik yang muncul di masing-masing platform. Pengumuman tersebut datang setelah adanya protes atas ketidaka.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 13:51:49 WIB

    Pakai Simbol Nazi, Facebook Blokir Iklan Kampanye Trump

    Pakai Simbol Nazi, Facebook Blokir Iklan Kampanye Trump HARIANHALUAN.COM - Facebook menghapus iklan kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena melanggar kebijakan anti-kebencian. Iklan kampanye Trump itu menampilkan lambang segitiga terbalik, yang pernah menja.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]