Saat Pandemi Corona, Disdukcapil Minta Masyarakat Sawahlunto Beralih ke Layanan 'Rancak Digital'


Jumat, 27 Maret 2020 - 15:02:42 WIB
Saat Pandemi Corona, Disdukcapil Minta Masyarakat Sawahlunto Beralih ke Layanan 'Rancak Digital' Antisipasi penyebaran Covid-19, masyarakat dianjurkan memanfaatkan layanan kependudukan berbasis internet Rancak Digital Disdukcapil Sawahlunto. Foto/RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Menindaklanjuti surat dirjen Dukcapil tentang kesiapsiagaan dan pencegahan lenyebaran corona virus arau virus Covid-19 di Kota Sawahlunto, untuk pengurusan dokumen kependudukan dianjurkan untuk memanfaatkan layanan dokumen kependudukan 'Rancak Digital'.

Rancak Digital merupakan layanan kependudukan berbasis internet dari handphone atau komputer.

"Masyarakat atau pengguna cukup ketik alamat website rancakdigital.sawahluntokota.go.id di layanan google atau chrome. Selanjutnya akan tampil layanan langkah petunjuk berikutnya," ujar Kepala Disdukcapil Sawahlunto, Hilmet, Jumat (27/3/2020).

Hilmet mengungkapkan, Rancak Digital bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat layanan kepada masyarakat, terlebih saat ini lanjutnya, masyarakat sudah banyak memiliki perangkat telepon pintar.

"Memanfaatkan perkembangan era digital yang terus berkembang ini, yang kita coba aplikasikan untuk pelayanan dokumen kependudukan. Terlebih saat pandemi virus covid - 19 saat ini sebaiknya masyarakat memanfaatkan layanan ini sebagai upaya sosial distancing ," katanya.

Kasi pelayanan dan pencatatan sipil, Ritu Karianto menambahkan, layanan Rancak Digital ini baru dapat diakses pada Senin nanti. Sementara untuk pelayanan pembuatan KTP dan legalisir masih dapat dilaksanakan di kantor.

"Untuk pelayanan langsung, dilakukan pembatasan jumlah masyarakat didalam ruangan pelayanan, yakni hanya 8 orang. Sebelum masuk masyarakat juga diwajibkan untuk mencuci tangan ditempat yang telah disediakan dan memakai masker," katanya.

Lebih jauh diungkapkan, pelayanan yang dapat dilakukan dari mana saja itu yakni update Kartu Keluarga, Kata Kelahiran, cetak Kartu Anak Indonesia serta pengaduan jika ada pelayanan yang tidak sesuai aturan dan juga masyarakat dapat memberikan tanggapan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan oleh Disdukcapil Sawahlunto. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 12:37:42 WIB

    Waspada! Pembobolan ATM Via Skimming Marak Saat Musim THR

    Waspada! Pembobolan ATM Via Skimming Marak Saat Musim THR HARIANHALUAN.COM - Pembobolan dana di mesin ATM menggunakan metode skimming kembali terjadi. Kali ini nasabah Bank BUMN di kawasan Bintaro menjadi korban. Analyst Digital Forensic Ruby Alamsyah mengungkapkan dengan munculnya .
  • Senin, 20 April 2020 - 07:14:53 WIB

    Jurus Facebook Guna Menghilangkan Bosan Pengguna Saat Pandemi Corona

    Jurus Facebook Guna Menghilangkan Bosan Pengguna Saat Pandemi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan media sosial popular, Facebook dikabarkan akan merilis aplikasi gaming pertama mereka pada Senin (20/4) waktu setempat yang diberi nama Facebook Gaming dan dapat digunakan secara gratis..
  • Senin, 13 April 2020 - 20:49:10 WIB

    Pulang ke Bumi saat Corona, Sepasang Astronot Amerika Galau

    Pulang ke Bumi saat Corona, Sepasang Astronot Amerika Galau JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sepasang astronot Amerika Serikat, Andrew Morgan dan Jessica Meir, akan kembali Bumi setelah masing-masing berada sembilan dan tujuh bulan di luar angkasa. Mereka telah diisolasi di Stasiun Luar .
  • Selasa, 07 April 2020 - 07:26:41 WIB

    Ahli Ingatkan Risiko Tinggi Penularan Corona saat Bocengan Sepeda Motor

    Ahli Ingatkan Risiko Tinggi Penularan Corona saat Bocengan Sepeda Motor JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Syahrizal Syarif mengingatkan masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan satu sama lain dalam sepekan terakhir sebelum berbonc.
  • Selasa, 07 April 2020 - 06:37:44 WIB

    Berikut 5 Webcam Unggulan saat Bekerja dari Rumah

    Berikut 5 Webcam Unggulan saat Bekerja dari Rumah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dengan maraknya penyebaran COVID-19, segala bentuk pekerjaan sekarang harus dilakukan di dalam rumah. Bagi para pekerja, beberapa perangkat menjadi sangat penting guna menunjang produktivitas mere.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]