Fitur Smart Charging Mode, saat Ponsel Sudah Penuh Terputus Otomatis


Jumat, 27 Maret 2020 - 15:04:57 WIB
Fitur Smart Charging Mode, saat Ponsel Sudah Penuh Terputus Otomatis Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anda punya kebiasaan mengecas hape sambil ditinggal tidur. Kalau ya, jangan ngomel kalau baterai hape Anda cepat rusak, kembung, bocor. Tak bisa terisi penuh meski sudah dicas lama, atau cepat drop meski baru dipakai sebentar.
 
Dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Jumat (27/3/2020), mengecas baterai (hape) dalam waktu lama, meski baterai sudah 100% terisi, seperti menuang air dalam ember yang terisi penuh. Luber.

Aliran listrik terus masuk meski sel-sel penyimpan daya di baterai sudah full. Istilahnya over charging. Akibatnya, sel baterai rusak, dan kemampuan menyimpan daya pun menurun. Tak heran jika umur baterai jadi pendek.  

Hape-hape terkini yang hampir semua sudah dilengkapi teknologi pengisian cepat, makin memperbesar resiko over charging.  Karena cukup satu atau dua jam untuk mengisi penuh baterai, sering membuat pengguna lupa mencabut kabel charger.

Kebiasaan buruk yang beresiko memperpendek usia pakai baterai itu sepertinya disadari oleh Huawei, yang lantas mengembangkan fitur Smart Charging Mode.

Seperti diumumkan Wang Chenglu, Presiden Consumer Business Software Huawei, pada laman Huawei Central, Smart Charging Mode dikembangkan sebagai fitur yang memperkaya sistem operasi buatan Huawei, EMUI. fitur ini sudah tersedia di Huawei Mate 30 dan Honor V30 series.

Smart Charging Mode adalah sistem berbasis AI (artificial intelligence), yang mampu mempelajari pola pengisian baterai (charging).

Sistem ini akan mencegah terjadinya over charging, dengan cara mengerem proses charging tatkala baterai sudah terisi 80%, sehingga proses charging berjalan jauh lebih lambat.  

Dengan pelambatan itu, akan memberikan waktu bagi pengguna yang mungkin lupa untuk mencabut kabel charger, dan menghindari kerusakan baterai akibat kelebihan pasokan daya. Saat bekerja, sistem ini secara otomatis akan mematikan ikon charging

Fitur smart charging mode ini bisa dinon-aktifkan kalau memang si pengguna ingin baterai hapenya terisi penuh 100% secara cepat. Tapi kalau tetap tak mau meninggalkan kebiasaan mengecas baterai semalaman, ada baiknya mengaktifkan fitur ini.

Wang Chenglu mengatakan, saat ini memang smart charging mode baru terpasang di dua seri, Huawei Mate 30 dan Honor V30.

Tetapi ke depannya, akan tersedia juga di lini seri lain, termasuk seri-seri lama produksi Huawei (dan juga Honor). (*)

Editor : Milna | Sumber : Haluan Media Group
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]