Fantastik, Singapura Kucurkan Rp505,5 Triliun untuk Tangkal Korona


Jumat, 27 Maret 2020 - 16:18:45 WIB
Fantastik, Singapura Kucurkan Rp505,5 Triliun untuk Tangkal Korona Ist

SINGAPURA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Singapura pada Kamis (26/3/2020) mengungapkan alokasi anggaran senilai Rp 33,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 505,5 triliun (kurs: 15.000).

Anggaran dalam jumlah fantastik tersebut bakal dialokasikan untuk mengantisipasi jatuhnya perekonomian di akibat pandemik virus corona.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (27/3/2020), pemerintah Singapura itu memanfaatkan cadangan dalam jumlah yang sangat besar untuk kedua kalinya dalam catatan sejarah dalam menghadapi kondisi yang mungkin bakal membuat Negeri Singa jatuh dalam resesi yang mendalam.

Langkah pemerintah Singapura tersebut merupakan yang paling agresif di antara pemerintahan Asia lainnya dalam melawan pandemi.

Pasalnya, virus corona yang telah menyebar ke hampir 189 negara mengakibatkan aktivitas perekonomian hampir di seluruh negara mandeg dengan sepertiga penduduk bumi yang harus mengarantina dirinya atas permintaan pemerintah masing-masing negara untuk mengurangi persebaran virus yang lebih luas.

"Hari ini, saya akan mengumumkan alokasi anggaran pemerintah dengan nilai 48 miliar dollar Singapura sebagai anggaran untuk ketahanan dalam menghadapi situasi saat ini," ujar Deputi Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Singapura Heng Swee Kewat ketika mengajukan stimulus tersebut pada parlemen setempat.

"Ini merupakan paket luar biasa, dan respons yang diperlukan untuk situasi yang jarang," jelas dia.

Sebelumnya, pemerintah juga telah menarik anggaran sebesar 17 miliar dollar Singapura dari cadangan nasional pemerintah sesuai dengan persetujuan Presiden Halimah Yacob.

Heng pun menyadari skala krisis yang bakal dihadapi Singapura bakal membuat banyak penduduk kehilangan pekerjaannya sekaligus mengalami potongan pendapatan dalam jumlah signifikan.

"Di dalam ekonomi sendiri, ini sepertinya akan menjadi kontraksi ekonomi terparah sejak kemerdekaan," ujar dia.

Melihat situasi yang cukup gawat, pemerintah setempat pun memutuskan bakal memangkas gaji seluruh penjabat negara mulai dari menteri di jajaran kabinet, jabatan politis seperti Presiden hingga anggota parlemen selama tiga bulan. Sebelumnya, pemerintah Singapura juga telah memangkas gaji pejabat selama satu bulan upah. (*)

Editor : Milna | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]