Fraksi Karya Pembangunan DPRD Bukittinggi Minta Pemko Ambil Langkah Lokal Lockdown


Jumat, 27 Maret 2020 - 16:52:45 WIB
Fraksi Karya Pembangunan DPRD Bukittinggi Minta Pemko Ambil Langkah Lokal Lockdown Ketua Fraksi Karya Pembangunan Jon Edward bersama Wakil Ketua Dedi Fatria, memperlihatkan surat rekomendasi tanggap Covid 19 yang disampaikan kepada Walikota. Foto/Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Fraksi Karya Pembangunan DPRD Kota Bukittinggi, meminta Pemko Bukittinggi untuk mengambil langkah local Lockdown, untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“Setelah mendengar banyak aspirasi masayarakat Kota Bukittinggi, dan berdasarkan keputusan rapat Fraksi Karya Pembangunan terkait adanya korban yang positif Covid-19 di Kota Bukittinggi, maka kami meminta Walikota untuk mengambil langkah strategis tanggap Covid-19, salah satunya dengan mengambil langkah local Lockdown,” kata Ketua Fraksi Karya Pembangunan, Jon Edwar didampingi Wakil Ketua, Dedi Fatria, Jumat (27/3/2020).

Jon Edwar mengatakan, Fraksi Karya Pembangunan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Walikota, atas upaya dan kerja kerasnya dalam melindungi masyarakat dari Covid-19. Berbagai upaya, langkah dan kebijakan telah diambil untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bukittinggi.

Namun demikian, dengan adanya warga kota yang dinyatakan positif Covid-19, maka Fraksi Karya Pembangunan merekomendasikan kepada Walikota untuk dapat mengambil langkah stategis dalam tanggap Covid-19. Langkah strategis yang direkomendasikan itu diantaranya, mengambil langkah local Lockdown agar tidak mewabahnya virus yang mematikan ini di Kota Bukittinggi.

Kemudian melakukan percepatan dan pencairan dana yang sudah dianggarkan pada APBD Kota Bukittinggi untuk kepentingan masyarakat, dalam rangka tanggap Covid-19, baik kepada Dinas Kesehatan, Pusat Layanan Kesehatan, dan organisasi kemanusiaan. Melakukan percepatan dalam pencairan untuk masyarakat miskin yang sudah terdata.

Selanjutnya kata Jon Edwar, memberikan bantuan pokok kepada masyarakat yang tidak dapat bekerja karna disebabkan Covid-19, dengan memanfaatkan dana tidak terduga pada APBD Kota Bukittinggi tahun 2020. Tidak melakukan pungutan apapun kepada masyarakat yang mengakibatkan masyarakat terbebani secara ekonomi.

Melakukan koordinasi dengan seluruh pihak perbankan dan lembaga pembiayaan agar memberikan toleransi dalam angsuran kredit bank dan kredit kenderaan. Melakukan koordinasi dengan PLN agar tidak ada pemutusan aliran listrik bagi masyarakat yang tidak sanggup membayar tagihan listrik.

“Kita juga meminta kepada walikota untuk melakukan langkah-langkah strategis lainnya untuk mengantisipasi virus COVID 19 ini, dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku,” ujar Jon Edwar.

Wakil Ketua Fraksi Karya Pembangunan, Dedi Fatria menambahkan, sejumlah rekomendasi dari Fraksi Karya pembangunan ini, kita sampaikan kepada Walikota melalui surat dengan Nomor 001/FKP/DPRD-BKT/III/2020, Perihal Rekomendasi Tanggap Covid-19.

“Surat rekomendasi ini juga kita tembuskan kepada Ketua DPRD Bukittinggi,” tukasnya.

Menyikapi rekomendasi yang disampaikan oleh Farksi Karya Pembangunan tersebut, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan terimakasih atas rekomendasi yang disampaikan Fraksi Karya Pembangunan DPRD Bukittinggi, yang meminta pemerintah daerah mengambil-langkah langkah strategis.

“Sejumlah rekomendasi yang disampaikan itu tentunya kita pertimbangkan dan kita musyawarahkan terlebih dahulu, karana setiap kebijakan yang diambil harus ditelaah secara mendalam. Terkait dengan Lockdown, tentu kita pelajari dan akan kita kaji. Sebab, yang berhak untuk memutuskan kebijakan Lockdown hanya pemerintah pusat,” ujar Ramlan.

Ia menjelaskan, berbagai langkah dan upaya telah diambil oleh pemerintah daerah untuk memutus mata rantai Covid 19 di Kota Bukittinggi. Mulai dari membentuk gugus depan penanganan Covid-19, meliburkan siswa sekolah, menutup objek wisata, melakukan penyemprotan disinfektan kesemua wilayah dalam Kota Bukittinggi, dan memberikan sosialisasi dan himbauan kepada warga untuk waspada Corona.

Kemudian Pemko juga mengambil kebijakan untuk merumahkan ASN yang sedang dalam kondisi hamil, dan merumahkan ASN di lingkungan Pemko yang dalam kondisi menyusui. Terakhir, Pemko Bukittinggi mengurungi sebagian ASN untuk masuk kantor, dengan menerapkan sistim Bekerja dari Rumah atau Work from Home terbatas bagi ASN. Penerapan sistim bekerja dari rumah itu terhitung mulai 27 Maret sampai 9 April 2020.

“Semua langkah yang diambil itu guna antisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita dari pemerintah daerah bersama unsur Forkopimda telah menyatukan gerak dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karna mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” ungkap Ramlan. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 20:50:34 WIB

    Fraksi Gerindra Agam Ikhlaskan Seluruh Dana Pokir untuk Penanganan Corona

    Fraksi Gerindra Agam Ikhlaskan Seluruh Dana Pokir untuk Penanganan Corona AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Fraksi Partai Gerindra DPRD Agam, mengalihkan 100 persen dana pokok pikiran (pokir) untuk Mitigasi dan alokasi anggaran itu untuk penanganan penyebaran virus corona atau covid-19..
  • Kamis, 02 April 2020 - 12:59:06 WIB

    Lawan Corona, Fraksi Demokrat Sijunjung Lakukan Aksi Semprot Desinfektan

    Lawan Corona, Fraksi Demokrat Sijunjung Lakukan Aksi Semprot Desinfektan SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam melawan dan mencegah penyebaran wabah Corona (Covid-19), Fraksi Demokrat peduli bekerjasama dengan DPD KNPI Sijunjung dan Pemerintah Nagari Padang Laweh Selatan melakukan aksi semprot desi.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 12:10:19 WIB

    Fraksi PAN Solsel: Jembatan Permanen Sungai Pangkua Jadi Prioritas

    Fraksi PAN Solsel: Jembatan Permanen Sungai Pangkua Jadi Prioritas SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Solok Selatan (Solsel) Yendri Susanto mengatakan, pembangunan jembatan permanen di Sungai Pangkua, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) me.
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:43:43 WIB
    PEMBAHASAN APBD-P 2016

    Bupati Jawab Pertanyaan Sembilan Fraksi

    BATUSANGKAR, HALUAN — Bupati Tanah Datar, H. Irdinansyah Tarmizi menjawab pertanyaan dari sembilan fraksi DPRD setempat atas Ranperda tentang APBD Perubahan tahun anggaran 2016 dalam Sidang Paripurna, di Batusangkar Senin (.
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:43:39 WIB

    Wabup Jawab Pertanyaan 9 Fraksi

    Wabup Jawab Pertanyaan 9 Fraksi TANAH DATAR, HALUAN — Wakil Bupati Tanah Datar menanggapi pertanyaan dari sembilan fraksi terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Sistem Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Tanah Datar dan Penyertaan Moda.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]