Sempat Heboh, Petugas Pastikan Warga Wafat di Lubuksikaping akibat Anemia


Jumat, 27 Maret 2020 - 17:50:12 WIB
Sempat Heboh, Petugas Pastikan Warga Wafat di Lubuksikaping akibat Anemia Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sempat menyerap perhatian masyarakat, Satuan Gugus Tugas Penanganan Virus Covid-19 Pasaman, memastikan sebab kematian salah seorang warga Perumnas Rimbo Aro Nagari Tanjung Beringin, Lubuksikaping, bukanlah disebabkan terinfeksi virus corona seperti dugaan banyak pihak.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dengan disaksikan unsur kepolisian dan pihak terkait lainnya, dipastikan penyebab kematian adalah karena riwayat penyakit anemia yang diderita warga meninggal itu," kata Koordinator Komunikasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19, William Hutabarat, di Lubuksikaping, Jumat (27/3/2020).

Ia menjelaskan, setelah mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya warga meninggal dunia akibat demam panas tinggi dan memiliki riwayat perjalanan dari Kota Padang, petugas langsung mendatangi lokasi rumah dengan didampingi petugas dari Kepolisian Sektor Lubuksikaping.

Berdasarkan berita acara pemeriksaan oleh petugas, lanjutnya, diperoleh keterangan bahwa yang bersangkutan sebelum wafat memang sudah terdeteksi secara medis mengidap penyakit komplikasi anemia, hepatitis A dan Typus.

"Yang bersangkutan pernah dilakukan tindakan cuci darah lima tahun yang lalu di Jakarta, dan diketahui sudah berdomisili di Perumnas Rimbo Aro selama enam bulan belakangan," ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, atas permintaan keluarga jenazah yang bersangkutan sudah di bawa ke kampung halamannya, Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan, untuk dikebumikan di pemakaman keluarga.

"Dengan demikian belum ada perubahan data terkait penanganan virus corona di Pasaman yang hingga saat ini mencatat sebanyak 695 notifikasi dengan 52 orang yang ditetapkan statusnya sebagai Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) dan belum ditemukan warga positif terinfeksi virus corona," kata dia.

Sementara untuk kegiatan satuan gugus tugas hari ini, tambahnya, sudah dilakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dikawasan pusat kota dan keramaian serta beberapa kawasan permukiman di Lubuksikaping.

"Kegiatan melibatkan seluruh petugas unit gugus tugas dengan mengerahkan armada water canon, mobil pemadam kebakaran dan mobil patroli dari Kepolisian Resor Pasaman dengan pengawalan ketat petugas gabungan TNI/Polri, Satpol PP dan unsur terkait lainnya yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama," terangnya. (*)

Reporter : Rully /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]