156 Warga Sitiung Masuk Daftar ODP Corona


Jumat, 27 Maret 2020 - 20:31:33 WIB
156 Warga Sitiung Masuk Daftar ODP Corona Pos pemantau virus corona yang di buat oleh Pemkab Dharmasraya di perbatasan Sumbar dan Jambi di Kecamatan Sungai Rumbai. Humas

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dua orang warga Dharmasraya yang masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah warga Kecamatan Sitiung. 

Dari data yang direlis oleh Dinas Kominfo Dharmasraya, Jumat 27 Maret 2020, data Orang Dalam Pengawasan (ODP) terbanyak juga di Kecamatan Sitiung yakni berjumlah 156 orang.

Jumlah PDP sebelumnya atau pagi 27 Maret 2020, masih pada angka satu orang, namun pada sore harinya, angka tersebut bertambah menjadi dua orang pada kecamatan yang sama yaitu Sitiung.

Total keseluruhan dari data tersebut, PPT berjumlah 775 orang, ODP berjumlah 39 orang, PDP berjumlah 2 orang, sedangkan yang positif terkena virus corona masih belum ada. Meski demikian, berbagai upaya pencegahan terkenanya warga dari virus corona terus dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya.

"PPT adalah Pelaku Perjalanan ke daerah Terjangkit, selain ODP dan PDP," kata Jubir Bupati tentang Virus Corona, dr.Rahmadian, kepada harianhaluan.com.

Dari data Kominfo Dharmasraya tersebut, dua wilayah yang jauh dari jangkauan interaksi masyarakat, yaitu Kecamatan Asam Jujuhan dan Kecamatan IX Koto, terendah data PPT,ODP dan PDP nya, yaitu masing masing PPT 27 dan 17 orang, namun untuk Kecamatan Asam Jujuhan agak rawan karena berada di perbatasan Jambi dan Solok Selatan, karena masyarakatnya lebih banyak beraktivitas di dua wilayah itu.

Kecamatan Sungai Rumbai yang berada di pintu gerbang Sumatera Barat, datanya cukup rendah, yaitu PPT 72 orang dan ODP 4 orang, sedangkan PDP dan positif datanya nihil, tetapi antisipasi, baik dari kabupaten dan kecamatan terus dilakukan.

Berbeda dengan Koto Besar, meski posisi wilayah secara geografis terletak jauh dari keramaian atau Jalinsum, namun data PPT 70 orang dan ODP 7 orang, tidak jauh berbeda dengan data yang ada pada Kecamatan Koto Baru yang wilayahnya di belah oleh Jalinsum yaitu PPT 83 orang dan ODP 2 orang.

Untuk tiga kecamatan yang berdekatan, yaitu Tiumang, Koto Salak dan Padang Laweh,datanya tidak jauh berbeda yaitu PPT 40 orang dan ODP 3 orang, sedangkan Kecamatan Padang Laweh yang lebih jauh jumlah PPT nya 45 orang selebihnya nihil.

Kecamatan Pulau Punjung sebagai ibukota Kabupaten Dharmasraya, untuk PPT 147 orang dan ODP sebanyak 7 orang, artinya data tersebut tidak jauh berbeda dengan Kecamatan Sitiung. (h/mdi)

 

Reporter : Maryadi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]