UPDATE: Bertambah, Sudah 7 Orang Dipastikan Terinfeksi Corona di Sumbar


Jumat, 27 Maret 2020 - 20:40:00 WIB
UPDATE: Bertambah, Sudah 7 Orang Dipastikan Terinfeksi Corona di Sumbar ilustrasi Korona

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Lagi, seorang warga di Sumatra Barat terkonfirmasi positif korona. Dengan tambahan ini, sudah ada 7 positif korona di Sumbar. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai menggelar rapat terbatas bersama Wali Kota dan Bupati se-Sumatra Barat di Gubernuran menggunakan video conference, Jumat (27/3/2020) petang. 

Hasil positif ini didapat setelah pasien dalam pantauan (PDP) yang sebelumnya dirawat di Semen Padang Hospital tersebut keluar hasil pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung (spesimen) oleh Laboratorium Biomedik FK Unand. "Ini adalah kasus positif dengan label nomor 7," ujar Irwan usai rapat. 

Kemudian, dia juga menjelaskan, kasus positif nomor 6 merupakan tenaga kesehatan yang saat ini tengah dirawat di ruang isolasi RSUP DR. M. Djamil Padang. Ditambahkannya, ke depan semua pemeriksaan spesimen untuk OPD dan PDP sudah bisa dilakukan oleh Laboratorium Biomedik FK Unand. 

"Mulai kemaren, kita tidak perlu lagi mengirim sampel swab ke Litbangkes Kemenkes RI, cukup di Laboratorium Biomedik FK Unand. Pak Doni Monardo sudah memberikan kita izin untuk itu," ungkapnya.

Data yang dikeluarkan oleh Laboratorium Biomedik FK Unand ini, kata Gubernur, bisa langsung disampaikan oleh Pemprov Sumbar ke Pemerintah Pusat untuk disepadankan. Saat ini, masih ada beberapa spesimen yang tengah diperiksa oleh Laboratorium Biomedik FK Unand dan hasilnya akan diketahui dalam waktu dekat ini. 

"Selama ini, hasil pemeriksaan yang dari Litbangkes cukup lama kita dapat, sehingga petugas medis kita terpaksa menggunakan APD yang sekali pakai untuk status pasien yang belum jelas," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]