Sumbar Tambah Dana Penanganan Corona Jadi Rp200 Miliar


Jumat, 27 Maret 2020 - 22:37:59 WIB
Sumbar Tambah Dana Penanganan Corona Jadi Rp200 Miliar OPD dilingkup Pemprov Sumbar saat Rapat Koordinasi Gugus Tugas Dampak Sosial dan Ekonomi akibat Penangan Covid-19 di Aula Kantor Gubernur, Jumat (27/3/2020). Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumbar menambah anggaran pencegahan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dari Rp25 miliar menjadi Rp200 miliar. Anggaran direalisasikan untuk penanganan Corona, isu kesehatan, dampak sosial dan ekonomi yang akan ditempatkan pada anggaran tak terduga.

"Dilakukan Perubahan terhadap Peraturan Gubernur Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Penjabaran APBD tahun 2020 akan di alokasikan 200 Miliar. Anggaran tersebut akan  di alokasikan sesuai dengan kebutuhan penangangan dampak," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam hasil kesimpulan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Dampak Sosial dan Ekonomi akibat Penangan Covid-19 di Aula Kantor Gubernur, Jumat (27/3/2020).

Nasrul Abit meminta, seluruh OPD untuk melakukan Refocusing kegiatan dan melakukan realokasi anggaran dalam rangka untuk menangani isu sosial dan ekonomi dampak dari penyebaran Corona Virus Deases (Covid-19).

"Menunda pelaksanaan kegiatan yang sifatnya pelatihan, pertemuan dan perjalanan dinas yang dianggap tidak terlalu prioritas. Pelaksanaan Kegiatan Bazar dan Pasar Murah yang berada pada OPD-OPD agar disatukan dan dilaksanakan di Kantor Gubernur," ujar Nasrul Abit.

Oleh karena itu, Nasrul Abit berharap Pemerintah Kabupaten dan Kota juga melakukan perubahan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masing-masing terhadap upaya penanganan Covid-19 dan dampak sosial terhadap masyarakat.

Sebelumnya ramai diberitakan, Pemprov Sumbar menyiapkan Rp25 miliar untuk dana pengamanan sosial untuk penanganan COVID-19. Dana tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebab dengan wabah corona akan berdampak kepada masyarakat

Namun setelah adanya warga positif Corona di Sumbar dana penanganan Covid-19 ditambah menjadi Rp200 miliar. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]