Pemprov Sumbar Siap Penuhi Kebutuhan Beras Masyarakat


Jumat, 27 Maret 2020 - 23:20:03 WIB
Pemprov Sumbar Siap Penuhi Kebutuhan Beras Masyarakat Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar berencana memenuhi kekurangan stok beras yang ada di Bulog Sumbar. Setelah itu, stok yang tersedia saat ini dibagikan kepada masyarakat tidak mampu melalui Dinas Pangan yang bekerja sama dengan Bulog, Dinas Sosial, BPBD, Tagana dan Instansi Terkait Lainnya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Jumat (27/3/2020). Nasrul Abit mengungkapkan, stok beras yang ada di Bulog hanya 2.400 ton. Dari total tersebut 500 kilogram (kg) berasal dari dana APBD Sumbar dan 1.900 kg merupakan stok Kabupaten dan Kota.

"Dari stok yang tersedia tersebut tidak mencukupi kebutuhan satu bulan, yaitu sebesar 4.200 ton. Untuk itu perlu segera dipenuhi dan membutuhkan dana lebih kurang sebesar Rp12 Miliar," ujar Nasrul Abit.

Selain itu, Nasrul Abit menambahkan, pihaknya juga menunda pelaksanaan tender dari kegiatan APBD yang anggarannya bisa dialokasikan untuk penangangan isu kesehatan, sosial dan ekonomi. Mendorong UMKM untuk memproduksi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis dan tenaga kesehatan.

“Kita perlu mendorong industri kecil dan menengah untuk tetap beroperasi dengan menerapkan standar kesehatan yang di anjurkan dan menyurati Bupati / Walikota untuk ikut mengawasi, dalam rangka untuk menghindari terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK),” harapnya. (*)

Reporter : Milna | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]