Sebelumnya Bernama Tracetogether, Kemkominfo Luncurkan Platform PeduliLindungi


Sabtu, 28 Maret 2020 - 07:22:15 WIB
Sebelumnya Bernama Tracetogether, Kemkominfo Luncurkan Platform PeduliLindungi ilustrasi corona

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Baru juga diperkenalkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jhonny G Plate kemarin (26/3/2020), nama aplikasi pelacak pasien Covid-19 akhirnya diubah. Sebelumnya, saat diperkenalkan oleh Jhonny, nama aplikasi tersebut Tracetogether. Tapi nama platform itu diralat, dan diubah dengan nama PeduliLindungi.

Dilansir Teknologi.id (Haluan Media Group), nama aplikasi itu memang sempat menjadi pro dan kontra. Sebab, aplikasi dengan fungsi yang mirip lebih dulu diluncurkan di Singapura, juga dengan nama yang sama yakni TraceTogether Perubahan nama itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, Ahmad M. Ramli. 

Baca Juga : Miris! Uang Tak Dikirim Istri, Pria Ini Cekik dan Siksa Anaknya

Katanya, tak ada perbedaan yang signifikan secara fungsi seperti yang dijelaskan oleh Jhonnya kemarin. Bedanya, PeduliLindungi dapat menyesuaikan dengan ekosistem dan model bisnis telekomunikasi di Indonesia. Skema ini yang nantinya membuat aplikasi PeduliLindungi akan memiliki fitur dan konfigurasi yang beda dari milik Singapura.

"Aplikasi PeduliLindungi memiliki fungsi yang hampir sama dengan tracetogether di negara lain tapi berbeda dari sisi konfigurasinya. Negara kita memiliki ekosistem dan model bisnis telekomunikasi yang berbeda dengan Singapura misalnya, termasuk jumlah operator, jumlah subscriber, jumlah BTS dan infrastruktur lainnya," jelas Ahmad dalam keterangannya, Jumat (27/3/2020) kemarin.

Baca Juga : 3 Provinsi Ini Rentan Terhadap Virus Corona

Lebih lanjut, Ahmad menegaskan, aplikasi PeduliLindungi dirancang khusus oleh para developer asli Indonesia. Mereka mendedikasikan dirinya bekerja mengembangkan aplikasi ini untuk membantu negara menghadapi kondisi darurat akibat penyakit COVID-19 yang makin meluas.

Ahmad juga meminta kepada masyarkat untuk menunggu menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang saat ini dalam proses pengembangan. Nantinya, aplikasi tersebut akan tersedia untuk pengguna Android. "Aplikasi sudah siap tayang di playstore. Mohon ditunggu sedang dalam proses," tuturnya. (*)

Baca Juga : Parah! Disuruh Social Distancing, Tujuh Remaja di Padang Ini Malah Ikut Balap Liar

Editor : Agoes Embun | Sumber : Haluan Media Group
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]