Atasi Dampak Ekonomi Akibat Virus Corona, Nurkhalis: Pemprov dan Pemda Harus Berkoordinasi


Sabtu, 28 Maret 2020 - 10:48:00 WIB
Atasi Dampak Ekonomi Akibat Virus Corona, Nurkhalis: Pemprov dan Pemda Harus Berkoordinasi Sekretaris Komisi II DPRD Sumbar, Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Komisi II DPRD Sumbar, Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo meminta ada kordinasi yang sinkron antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan kabupaten/kota mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan karena virus Corona.

Hal ini disampaikan Nurkhalis disebabkan ia banyak menerima laporan dari petani yang mengeluhkan hasil produksi mereka tak ada yang membeli pasca aktivitas masyarakat di luar rumah dikurangi, ini mengakibatkan penghasilan petani sangat jauh menurun.

"Sudah banyak petani di Dapil saya di Payakumbuh dan Limapuluh-Kota mengeluhkan ini. Produksi pertanian mereka tetap banyak seperti biasa, tapi tak ada yang beli, dampak ini pastinya juga dirasakan oleh petani kabupaten/kota lain di Sumbar, sebab  sebagaimana kita ketahui, 60 persen lebih masyarakat kita di Sumbar ini bergerak di bidang pertanian. Kita di DPRD meminta ada kordinasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota mencari solusi untuk ini," ujar Nurkhalis, Sabtu (28/3).

Politisi Gerindra ini menambahkan, jika pemerintah provinsi melalui dinas terkait tak segera bergerak mengatasi dampak ekonomi yang sekarang dirasakan petani, bukan hanya virus Corona yang akan membunuh masyarakat, namun lesunya perekonomian, dan tidak bisa dijualnya hasil produksi petani juga akan berdampak besar di tengah masyarakat. Hal ini karena mereka tidak ada penghasilan dan tak bisa makan.

Dari pihaknya sendiri, menurut Nurkhalis ia  telah meminta Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Efendi untuk membantu mengatasi keluhan petani ini. Ia berharap apa yang jadi persoalan bisa segera ditindaklanjuti oleh Dinas Pangan.

"Ada sekitar 80 toko tani di Sumbar di bawah UPTD Dinas Pangan, kami berharap Dinas Pangan mengintruksikan toko-toko tani yang ada itu untuk segera mengambil produksi petani yang terdampak virus Corona. Pemerintah wajib hadir mengatasi semua akibat yang ditimbulkan dengan adanya virus Corona ini, tak bisa larangan keluar rumah saja yang diberlakukan, sementara masyarakat kita tak bisa makan setelahnya," tegas Nurkhalis.

Dalam situasi darurat seperti sekarang, lanjut dia, sangat dibutuhkan solusi yang efektif dan taktis serta kebersamaan semua pihak dalam menghadapi pandemi corona ini. (h/len)

Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]