Sah! PSSI Hentikan Liga Indonesia hingga Selesai Lebaran


Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:10:04 WIB
Sah! PSSI Hentikan Liga Indonesia hingga Selesai Lebaran PSSI

BOLA, HARIANHALUAN.COM -- PSSI mengedarkan surat dengan rumusan dua pilihan terkait keberlangsungan kompetisi. Merujuk situasi ke depan, Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 dapat kembali berlangsung atau bahkan dihentikan total. Melalui surat keputusan tentang 'Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020 Dalam Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Virus Corona' PSSI menetapkan kondisi force majeure untuk kompetisi musim ini.

"PSSI menetapkan bahwa Maret-Juni 2020 adalah Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Virus Corona di Indonesia, maka status ini disebut keadaan force majeure. Menunda gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 1 sampai 29 Mei 2020," bunyi surat PSSI.

Baca Juga : Terkait Aksi Brutal Israel ke Palestina, Mohamed Salah Tulis Pesan Ini di Twitter

Petikan lanjutan dalam surat itu berisikan bahwa apabila status keadaan tertentu darurat bencana yang ditetapkan pemerintah Indonesia tidak diperpanjang, maka kompetisi kembali dapat dimulai. PSSI akan menginstruksikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk dapat melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 pada 1 Juli 2020.

Opsi kedua PSSI adalah meniadakan kompetisi musim ini. Apabila pemerintah memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana setelah 29 Mei 2020 atau PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dihentikan.

Baca Juga : Kei Nishikori Ragukan Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 Aman dari Penularan Covid-19

"Hal-hal terkait teknis termasuk namun tidak terbatas pada penjadwalan sistem dan format kompetisi, kewajiban klub terhadap pihak ketiga, sistem promosi dan degradasi, akan diatur kemudian dalam surat keputusan yang terpisah," kata surat PSSI bertanda tangan Ketua Umum (Ketum), Mochamad Iriawan. 

Skenario PT. LIB tentang Liga
Status kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 terjawab sudah. Berdasarkan surat bernomor 48/SKEP/ /III/2020 tentang 'Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 Dalam Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana virus corona', PSSI menetapkan status force majeure pada Maret-Juni 2020.

Dengan keputusan itu, maka penyelenggaraan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga 29 Mei mendatang. Kemudian bila Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana yang ditetapkan pemerintah Indonesia tidak diperpanjang, maka PT Liga Indonesia Baru (LIB) diintruksikan PSSI untuk melanjutkan kompetisi pada 1 Juli.

Kebijakan PSSI tersebut ditanggapi oleh Direktur Utama LIB, Cucu Somantri. Ia menegaskan pihaknya sangat mendukung langkah federasi, dan bakal menyiapkan skenario untuk keberlangsungan kompetisi.

“Menilik dan memerhatikan kondisi saat ini, kami mendukung penuh keputusan tersebut. Kami mengikuti arahan Presiden Republik Indonesia terhadap penyebaran virus corona dan menghormati keputusan BNPB tentang perpanjangan status tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020,” ujar Cucu.

“Kami juga akan mempersiapkan segalanya jika kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan digelar kembali setelah tanggal 1 Juli 2020,” katanya menambahkan.

Dukungan LIB untuk PSSI bukan tanpa alasan. Sebab, kebijakan tersebut diambil untuk kesehatan dan keselamatan masyarakat. “Seperti yang kita informasikan ke publik beberapa pekan lalu saat extraordinary meeting yang diikuti seluruh manajer Liga 1 dan Liga 2 2020, bahwa aspek kesehatan di atas segalanya. Itu harus diprioritaskan,” imbuh Cucu.

Sementara itu, PSSI juga akan mengambil kebijakan lain bila nantinya pemerintah memperpanjang Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana setelah 29 Mei atau situasinya dipandang belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi. PSSI bakal menghentikan penyelenggaraan Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim ini. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : Bola.net
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]