Tak Andalkan Pemkab Tanah Datar, Indra Gunalan Sebar Pasukan Disinfektan


Sabtu, 28 Maret 2020 - 17:43:02 WIB
Tak Andalkan Pemkab Tanah Datar, Indra Gunalan Sebar Pasukan Disinfektan Wali Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, bergerak cepat menurunkan tim penyemprot disinfektan di daerahnya, Sabtu (28/3).

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Turut berpartisipasi meminimalisir terjangkitnya Covid 19, Wali Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar, bergerak cepat menurunkan tim penyemprot disinfektan di daerahnya, Sabtu (28/3).

Upaya itu melibatkan seluruh pihak di nagari, pasukan disinfektan disebar ke sejumlah titik yang belum dijangkau pemerintah kabupaten, seperti pasar, rumah ibadah, pesantren, kawasan sentra tenun dan Akademi Komunitas Lintau, bahkan menyasar gedung UPT Puskesmas Lintau Buo. 

"Aksi ini murni dari inisiatif nagari dengan melibatkan para pengusaha di Tigo Jangko, untuk membantu penyemprotan disinfektan agar penyebaran virus mematikan Covid-19 itu dapat ditekan," ungkap Wali Nagari Tigo Jangko Indra Gunalan didampingi Ketua BPRN Zulkifli kepada HarianHaluan.com usai melakukan penyemprotan. 

Dikatakan, penyemprotan cairan disinfektan di Tigo Jangko, merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakatnya dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Namun, katanya, bahwa pencegahan yang dilakukan oleh pihak Pemnag dengan melibatkan seluruh unsur organisasi nagari, Bhabinkamtibmas, pemuda, pengusaha dan lainnya akan lebih maksimal jika masyarakat ikut berpartisipasi dengan tetap mengikuti aturan yang ada.

"Yang lebih utama adalah waspada, hati-hati, karena virus Corona ini cukup berbahaya. Tetaplah melakukan koordinasi dengan pihak puskesmas bila ada gejala yang mengarah kepada corona," sebut Indra. 

Satu hal yang menjadi penekanan Wali Nagari Indra Gunalan adalah, masyarakat tidak cemas dan takut berlebihan terhadap pandemi ini. Namun ia berharap masyarakat untuk waspada dan menjalani hidup dengan penuh kebersihan. 

"Jangan sampai masyarakat menjadi sakit justru karena katakutan dan kekhawatiran yang berlebihan. Yang utama, melaporkan setiap warga kita yang pulang dari luar daerah, agar bisa bersama memantaunya," katanya.

Sementara itu, Ketua BPRN Zulkifli menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas, linmas, pemuda dan relawan yang ikut dalam kegiatan penyemprotan ini. Ia berharap masyarakat menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan. 

"Kepada masyarakat agar tetap waspada, hati-hati, di sisi yang lain, kita juga harus menyadarkan masyarakat agar tidak cemas, tidak takut, dan tetap menjaga kebugaran tubuh," katanya. (*)
 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]