Suami Anda Ngebet Kawin Lagi? Laporkan ke Kejari Padang


Sabtu, 28 Maret 2020 - 19:38:40 WIB
Suami Anda Ngebet Kawin Lagi? Laporkan ke Kejari Padang Kajari Padang, Rabu Subroto. Foto: Prokabar.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penegak hukum merupakan tugas Jaksa Pengacara Negara untuk mengajukan gugatan atau permohonan kepada pengadilan di bidang perdata. Tujuannya, untuk memelihara ketertiban hukum, kepastikan hukum, dan melindungi kepentingan negara, pemerintah, serta hak keperdataan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Padang, Rabu Subroto belum lama ini. Ranu menegaskan, dengan begitu pihaknya juga bisa merambah kepada urusan privat masyarakat. Antara lain, pembatalan perkawinan, pembubaran Perseroan Terbatas (PTS) dan pernyataan failed.

Ranu Subroto pun mencontohkan, apabila pihaknya ada mendengar, melihat, dan menemukan seseorang yang berniat untuk menikah lagi namuun ternyata prosedurnya tidak benar. Maka pihaknya bisa membatalkan hal tersebut baik diminta atupun tidak.

"Jadi kita mengimbau cukup satu kali sajalah kawinnya, jangan sampai sudah punya anak cucu tapi ngakunya masih bujang lalu minta keterangan RT/RW untuk kawin lagi. Itu bisa kita batalkan baik diminta ataupun tidak," kata Ranu Subroto.

Begitu juga dengan pembubaran PT, pertanyaam failed, Ranu Subroto menyebutkan, permasalahan ini akan dikaji dulu. Dengan harapan, dalam kondisi merebaknya penyebaran virus Corona atau Covid-19 saat ini pertumbuhan ekonomi tidak stagnan.

"Kita melihat corona ini laju pertumbuhan ekonomi sedikit sekali. Kalau stagnan kita takut nantinya, jangan sampai gaji dirapel," seloroh Ranu Subroto.

Selain itu penegak hukum, Ranu Subroto mengatakan, pihaknya juga bertugas sebagai bantuan hukum yang merupakan Jaksa Pengacara Negara dalam perkara perdata maupun tata usaha negara untuk mewakili lembaga negara, instansi pemerintah di pusat maupun daerah.

"Bantuan hukum kita bisa sebagai penggugat maupun tergugat. Apabila nanti dalam pelaksaan pekerjaan ada staf yang memutus jaringan air. Lalu digugat sama pelanggan kita siap mendamping dan mewakilinya," ujar Ranu Subroto.

Kemudian pelayanan hukum merupakan tugas Jaksa Pengacara Negara untuk memberikan penjelasakan tentang permasalahan hukum perdata dan tata usaha negara kepada anggota masyarakat yang memintanya. (*)

Reporter : Milna | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]