Cegah Corona, Pelayanan Adminduk di Kota Padang Dialihkan ke Kecamatan


Sabtu, 28 Maret 2020 - 20:21:59 WIB
Cegah Corona, Pelayanan Adminduk di Kota Padang Dialihkan ke Kecamatan Kepala Disdukcapil Kota Padang Muji Susilawati. Foto: Milna

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dampak merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Kota Padang, layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mulai tiadakan hingga 5 April mendatang. Untuk sementara masyarakat dapat mengurus adminduk dilakukan di tingkat Kecamatan.

"Mulai Jumat (26/3/2020), Disdukcapil Kota Padang tidak lagi membuka layanan pengurusan adminduk. Pelayanan adminduk dialihkan pada 11 kecamatan yang ada," kata Kepala Disdukcapil Kota Padang Muji Susilawati, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Muji Susilawati, penghentian sementara pengurusan adminduk di Kantor Disdukcapil Kota Padang, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sebab banyak masyarakat yang menumpuk di kantor Disdukcapil Kota Padang untuk mengurus berbagai layanan adminduk.

"Padahal pemerintah pusat sudah menginstruksi, agar tidak ada kumpulan manusia dalam satu tempat," ulas Muji Susilawati.

Lebih lanjut, kata Muji Susilawati, bahkan sejak sepekan terakhir Disdukcapil Kota Padang sudah mencoba menerapkan jarak interaksi sosial dengan membatasi tempat duduk pengunjung. Selain itu, juga telah mengimbau agar masyarakat tidak dulu melakukan pengurusan adminduk jika dinilai tidak mendesak dan penting.

Namun kenyataannya, sebut Muji Susilawati, masyarakat tetap saja antusias mengurus adminduk, sehingga imbauan pemerintah pusat untuk tidak berkumpul dan melakukan jarak interaksi sosial tidak berjalan optimal.

"Sudah kita beri jarak tempat duduknya satu meter, imbauan juga sudah dikeluarkan, tetapi masih saja masyarakat ramai mengunjungi kantor Disdukcapil," imbuh Muji Susilawati.

Muji Susilawati berharap, agar masyarakat memahami kondisi tersebut, karena memang saat ini ancaman penyebaran Covid-19 sudah sangat mengkhawatirkan. Apalagi saat ini sudah ditemukan pula kasus positif Covid-19 di Sumbar. Oleh karena itu, kebijakan sementara waktu pengurusan adminduk harus dihentikan di kantor Disdukcapil Kota Padang.

"Kita terapkan dulu sampai 5 April 2020 mendatang. Nanti kita evaluasi lagi, karena ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. Kami berharap agar masyarakat dapat bersabar," sebutnya. (*)

loading...
Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]