Putus Mata Rantai Corona, MKHI Imbau Anggotanya Bantu APD


Sabtu, 28 Maret 2020 - 20:25:10 WIB
Putus Mata Rantai Corona, MKHI Imbau Anggotanya Bantu APD Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) MHKI, dr. Mahesa Paranadipa Maikel. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menyikapi perkembangan wabah virus Corona atau Covid-19 saat ini, Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) menghimbau seluruh jajaran pengurus dan anggota untuk melakukan (physical distancing) demi memutus mata rantai penularan virus.

"Kita minta anggota MHKI mengedukasi masyarakat untuk menjalankan physical distancing serta menjaga diri agar tetap selalu sehat di tengah wabah ini melalui media massa, media sosial atau media lainnya yang tidak memerlukan kontak dekat," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) MHKI, dr. Mahesa Paranadipa Maikel dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Sabtu (28/3/2020).

Tak hanya itu, dr. Mahesa juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) atau bantuan dalam bentuk apapun kepada fasilitas kesehatan berdasarkan kemampuan yang yang dimiliki.

"Anggota MHKI harus mengadvokasi pemerintah untuk serius memberikan perlindungan kepada petugas kesehatan yang terlibat dalam penanggulangan Covid-19, serta tetap mengedukasi masyarakat," ujar dr. Mahesa.

Kemudian pihaknya juga mengadvokasi kepolisian dan pengadilan setempat untuk tidak memproses pengaduan pidana maupun perdata dengan teradu petugas ataupun fasilitas kesehatan. Petugas dan fasilitas kesehatan saat ini menjadi garda terdepan dalam penanggulangan wabah Covid-19.

"Upaya ini dilakukan MHKI selaku organisasi yang memilik peran dalam mengadvokasi pemangku kebijakan dan masyarakat, didasarkan pada Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945, Undang-Undang No.4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dan Undang-Undang nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," tukasnya. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]