Tak Ingin Tim Medis Jadi Korban, Mulyadi Desak Pemerintah Percepat Penanganan Corona


Sabtu, 28 Maret 2020 - 21:19:38 WIB
Tak Ingin Tim Medis Jadi Korban, Mulyadi Desak Pemerintah Percepat Penanganan Corona Anggota DPR RI Mulyadi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Mulyadi mendesak pemerintah pusat maupun daerah untuk mempercepat penanganan virus Covid-19 atau corona. Pasalnya selama sepekan terakhir sudah 9 dokter yang dinyatakan meninggal akibat menangani virus tersebut.

"Angka kematian akibat virus covid-19 harus bisa kita tekan, saya mengimbau pemerintah untuk mempercepat proses penanganan virus ini. Sepekan terakhir sudah 9 dokter kita yang gugur karena menangani virus ini, tolong pemerintah di pusat maupun daerah juga memperhatikan tenaga medis kita karena mereka yang berjuang di garda terdepan," tutur Mulyadi, Sabtu (28/3/2020).

Anggota Komisi III DPR RI Mulyadi menjelaskan 8 dari 9 dokter yang meninggal dikarenakan terpapar virus covid-19 dan 1 dokter dikarenakan kelelahan menghadapi pandemi virus tersebut. Menurutnya hal ini harus menjadi perhatian bersama baik pemerintah pusat dan daerah.

Untuk menekan angka tersebut Mulyadi mengatakan pemerintah harus memberikan dukungan kepada tenaga media secara maksimal yakni dengan menyediaka sarana dan prasarana terbaik.

"Kita juga harus melindungi tenaga medis kita secara maksimal karena mereka yang berada di garda terdepan berjibaku menangani virus covid-19 ini. Sarana dan prasarana untuk mereka harus diberikan yang terbaik agar tidak terpapar virus hingga menyebabkan kematian," ujarnya.

Mulyadi yang juga Calon Gubernur (Cagub) Sumbar menyoroti pasien positif covid-19 yang berstatus tenaga medis. Dirinya menyayangkan hal tersebut dapat terjadi.

Menurutnya kejadian tersebut karena kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis. Oleh karenanya Mulyadi meminta pemerintah pusat maupun daerah untuk mempercepat pendistribusian APD yang memenuhi standar keselamatan.

Disamping itu, mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI tersebut memgimbau pemerintah menyediakan tempat istirahat untuk para tenaga medis agar tidak ada lagi kasus meninggal karena kelelahan.

"APD saya mohon sekali kepada pemerintah untuk mempercepat pendistribusiannya kepada para tenaga medis kita, jangan sampai mereka menangani virus ini tanpa alat pelindung yang lengkap dan memenuhi standar keselamatan," kata dia.

"Tolong juga tenaga medis diberikan fasilitas istirahat yang baik agar dapat terus berjuang melawan virus covid-19 ini, kita tentunya tidak ingin mereka kelelahan karena kelalaian kita. Tenagaedis juga harus kita jaga, kita juga harus prioritaskan kesehatan dan keselamatan mereka," tandasnya. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]