Tingkatkan Perekonomian Petani, Proyek Irigasi Pertanian Mulyadi Dipuji


Ahad, 29 Maret 2020 - 07:59:46 WIB
Tingkatkan Perekonomian Petani, Proyek Irigasi Pertanian Mulyadi Dipuji Mulyadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi dinilai berkontribusi meningkatkan perekonomian para petani yang ada di Sumatra Barat (Sumbar). Selama 10 tahun terakhir, Mulyadi yang merupakan wakil rakyat selama 3 periode tersebut berkali-kali menyalurkan program pembangunan infrastruktur pedesaan (PPIP) dari kementerian PUPR.

Dari PPIP tersebut jalan usaha tani di berbagai pedesaan Sumbar berhasil dibangun. Tak hanya jalan, irigasi kecil pertanian pun juga berhasil dibangun berkat Mulyadi.

"PPIP yang disalurkan pak Mulyadi banyak memberikan manfaat kepada masyarakat, mulai dari jalan dan jembatan di pedesaan hingga saluran irigasi kecil untuk pertanian. Berkat itu perekonomian masyarakat yang berprofesi sebagai petani pun meningkat," ungkap salah satu niniak mamak Kab. Agam Sutan Sulaiman Yondrison.

Yondrison juga menjelaskan sebelum datang bantuan dari Mulyadi, jalan pedesaan masih berupa tanah dan sangat sulit dilalui kendaraan roda empat.  Karena itu masyarakat mengalami kesulitan untuk menyalurkan hasil pertanian.

"Kendaraan roda empat sudah bisa masuk ke dalam pedesaan, masyarakat menjadi lebih mudah ketika mengangkut hasil panen pertanian atau perkebunan. Perekonomian masyarakat juga menjadi lebih baik," ujarnya.

Disamping itu Yondrison mengatakan tanpa adanya irigasi pertanian kecil Mulyadi, air kerap meluap membanjiri lahan. Namun hal ini sudah tidak lagi dialami oleh para petani.

"Sebelumnya air di sini meluap tidak teratur, dengan PPIP kami mebuat saluran irigasi untuk mengalirkan air ke lahan pertanian masyarakat. Seluas 800 hektare lahan pertanian menjadi terbantu," kata dia.

Tidak jauh berbeda dari Yondrison, Ketua Kelompok Tani Lubuk Munti Jaya Kab. padang Pariaman Hamir Husin merasa kagum terhadap Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi yang menyalurkan bantuan hingga di bagian pelosok setiap kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Bahkan di daerahnya, Mulyadi membantu masyarakat memiliki irigasi pertanian berskala besar yang mengair 14 ribu hektare lahan pertanian. 

Atas hal tersebut dirinya mewakili masyarakat mengucapkan rasa terima kasih kepada Mulyadi karena perjuangannya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Berkat pak Mulyadi saluran irigasi Batang Anai II Padang Pariaman bisa terselesaikan, saluran ini bisa mengairi 14 ribu hektare lahan pertanian. Saya mewakili masyarakat khususnya petani mengucapkan terima kasih kepada pak Mulyadi yang telah memperjuangkan kehidupan kami. Berkat beliau kehidupan para petani menjadi lebih baik dari sebelumnya," singkatnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III Mulyadi mengatakan dirinya sangat bersyukur bisa memperjuangkan kebutuhan dan kepentingan masyarakat Sumbar. Menurutnya bantuan yang disalurkannya adalah bentuk rasa terima kasih kepada daerah dan masyarakat yang telah mempercayakan posisi wakil rakyat selama tiga periode.

"Saya sangat bersyukur sekali bisa mengabdi kepada masyarakat. Penyaluran bantuan dan program adalah salah satu cara saya membalas dukungan masyarakat kepada saya. Sebagai putra daerah Ranah Minang pengabdian kepada masyarakat dan daerah adalah hal yang akan terus perjuangkan," jelas Mulyadi.

Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI tersebut juga mengatakan memperjuangkan kehidupan generasi muda dan masyarakat kecil menjadi lebih baik adalah suatu kewajiban bagi dirinya. Mulyadi berkomitmen akan terus berjuang mengabdikan diri kepada daerah dan masyarakat Sumbar agar di masa mendatang bisa menjadi lebih maju dari saat ini.

"Memperjuangkan kehidupan masyarakat kecil dan generasi muda menjadi lebih baik adalah suatu kewajiban bagi saya yang telah diberikan amanah. Kedepannya saya akan berjuang lebih keras agar Sumbar menjadi lebih maju dari saat ini. Saya optimis dengan saling membantu, Sumbar akan menjadi lebih maju di masa mendatang, Insya Allah," pungkasnya. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]