Psikolog Bagi Tips agar Tak Stres Kerja di Rumah: Gejala Sesak Tak Selalu Corona


Ahad, 29 Maret 2020 - 11:58:33 WIB
Psikolog Bagi Tips agar Tak Stres Kerja di Rumah: Gejala Sesak Tak Selalu Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah daerah memutuskan memperpanjang masa bekerja atau bersekolah dari rumah. Namun saat ini mulai muncul keluhan-keluhan tertentu dari masyarakat.
Emeldah dari Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia menyebutkan adanya sejumlah keluhan dari publik. Kondisi mental publik dalam situasi seperti saat ini, menurutnya, perlu benar-benar dijaga.

"Kalau misalnya di antara teman-teman ada keluhan dari sisi fisik atau psikis, kadang sesak sendiri, padahal itu cemas," ujar Emeldah melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Minggu (29/3/2020).

Baca Juga : Bahaya Nggak Sih, jika Melewatkan Dosis ke Dua Vaksin Covid-19? Simak Penjelasan Ahli

Biasanya, disebut Emeldah, kondisi itu dialami seseorang saat membaca perkembangan kabar mengenai virus Corona (COVID-19). Dalam istilah psikologi, kondisi itu disebut Emeldah sebagai psikosomatis.

"Ketika kita stres psikosomatis juga, 'ini kok aku sesak ya', ini bisa jadi sesak itu cemas," katanya.

Baca Juga : Dukung Ibadah Puasa Nakes di Wisma Atlet, Alodokter dan Fore Coffee Bagikan 1000 Cup Manuka

Dalam siaran yang sama, Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Pumawan, juga memberikan informasi senada. Dia berharap masyarakat dapat membedakan gejala sesak atau batuk itu dengan gejala terkait COVID-19.

"Kalau dari sisi psikologi, kecemasan ini sudah pengaruhi masyarakat. Ada yang susah tidur, kebawa emosi, sebenarnya itu respons yang normal di kondisi yang tidak normal. Jadi ini kita dalam kondisi pandemi ya otomatis ada ketidakpastian dan menimbulkan kecemasan sendiri," kata Pumawan.

"Kita bisa sarankan bapak ibu mulai rutinitas baru. Kita butuh sesuaikan dengan kondisi saat ini. Nanti dicoba ya buat anak-anak ngapain besok. Jadi ada tugas prioritas, kita coba bikin capaian target kerja. Jangan sampai nggak produktif," imbuhnya. (*)

Editor : Heldi | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]