Tenyata, Kuku Bisa Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona


Ahad, 29 Maret 2020 - 13:21:02 WIB
Tenyata, Kuku Bisa Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona ilustrasi kuku

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Semua orang pasti tidak menginginkan terinfeksi virus corona atau Covid-19 yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, China itu. Pemerintah pun telah mengeluarkan beberapa imbauan agar tidak tertular virus corona tersebut, seperti bekerja dari rumah, melakukan physical distancing, menghindari seseorang yang batuk dan bersin, hingga rajin mencuci tangan.

Namun ada hal-hal kecil yang dilupakan, seperti kebersihan kuku. Dilansir dari halodoc.com, Minggu (29/3/2020), virus corona bisa bersarang di kuku. Seseorang yang mempunyai kuku yang panjang dan tidak dibasuh dengan benar, dapat menjadi sarang dari penyebab penyakit COVID-19.
Saat seseorang mencuci tangan untuk mencegah terserang virus corona, kadang ada satu bagian yang dilupakan, yaitu kuku.

Padahal, bagian tersebut dapat menjadi sarang bakteri atau virus mengendap dan mampu masuk ke tubuh ketika memegang mulut atau sedang makan. Karenanya, menjaga kebersihan kuku dengan memotongnya dapat mencegah penyebaran virus corona. Seseorang yang memiliki kuku panjang akan kesulitan untuk membersihkan bagian tersebut jika menggunakan hand sanitizer. Hal tersebut dinilai tidak efektif.

Pilihannya antara menggunting kuku agar pendek atau membersihkan tangan dengan sabun dan memperhatikan area tersebut agar tidak menjadi sarang virus. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku juga dapat menyebabkan risiko tertular virus corona meningkat. Semua penyebab penyakit yang menempel di kuku dapat masuk ke mulut jika tidak mencuci tangan dengan benar.

Maka dari itu, penting untuk lebih sering mencuci tangan, terutama sebelum makan, setelah kembali dari luar rumah, setelah batuk atau bersin, dan setelah memegang benda-benda yang banyak dipegang oleh orang lain. Hal tersebut dapat dilakukan paling tidak satu jam sekali untuk menjaga bagian tangan tetap bersih.

Apabila sabun dan air tidak tersedia atau keadaan tidak memungkinkan, cobalah untuk menggunakan pembersih tangan dengan bahan dasar alkohol dengan kadar paling tidak 60 persen. Hal tersebut dapat efektif untuk membunuh virus corona yang menempel di tangan. Selain itu juga harus selalu mencuci tangan dengan sabun dan air jika tangan terlihat kotor.

Di tengah maraknya penyebaran virus corona ini, ada baiknya untuk selalu memperhatikan bagian kuku, sebagai tindakan pencegahan virus corona terhadap diri sendiri dan juga orang sekitar. "Menjaga memang selalu lebih baik daripada mengobati," seperti ditulis halodoc. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]