PKL Mahasiswa UIN IB Padang Ditunda akibat Corona


Ahad, 29 Maret 2020 - 14:20:17 WIB
PKL Mahasiswa UIN IB Padang Ditunda akibat Corona Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman. Foto: Milna

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang memutuskan untuk menunda pelasanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Lapangan (PKL) maupun magang di tengah merebaknya penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kebijakan itu diputuskan sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 279 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Akademik Dalam Masa Pencegahan Penyebaran Covud-19 di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang. Ini juga guna menindaklanjuti Surat Edaran Rektor Nomor: B.66O/Un.13/8./URIKS.02/03/2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019(COvID-19) di lingkungan setempat tertanggal 16 Maret 2020.

Bedasarkan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 697/03/2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Direktur Pendidikan Islam Keagamaan Islam tertanggal 26 Maret 2020, dan hasil rapat pimpinan UIN Imam Bonjol Tinggi Padang tanggal 27 Maret 2020.

SE yang ditandatangani Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman pada 27 Maret 2020 itu berisi 10 poin. Pada poin pertama, Eka menegaskan, bahwa proses perkuliahan hingga akhir semester genap tahun akadermik 2019/2020 dapat dilaksanakan secara daring.

"Poin kedua, mulai tanggal 30 Maret 2020, perkuliahan daring dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas E-Learning UIN Imam Bonjol Padang yang dapat diakses secara gratis oleh sivitas," kata Eka.

Selanjutnya poin ketiga, Eka menjelaskan, adapun langkah-langkah pengoperasian E-Learning UIM Imam Bonjol Padang diuraikan pada Buku
Panduan dalam bentuk dokumen portabel (PDF File) yang disediakan secara oniline melalui berbagai platform media pubikasi UIN IB Padang, yakni website, twitter, dan facebook.

"Poin keempat terkait jadwal pelaksanaan UTS, UAS, dan input nilai akhir mahasiswa tetap mengacu pada
kalender akademik UIN Imam Bonjol Padang tahun akademik 2019/2020. Kelima, pembimbingan tugas akhir mahasiswa hingga akhir semester genap tahun akademik 2019/2020 dapat dilaksanakan secara daring," sebut Eka.

Selanjutnya poin keenam, sambung Eka, segala bentuk rangkaian kerja penyusunan tugas akhir mahasiswa yang berpotensi mengganggu pelaksanaan kebijakan Work From Home, seperti pengumpulan data lapangan, penelusuran literatur di perpustakaan, dan sebagainya ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

"Ketujuh, seminar proposal dan ujian tugas akhir mahasiswa dapat dilaksanakan secara daring dengan
memanfaatkan aplikasi video conference yang ada
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata, Praktek Lapangan, Magang, dan kegiatan-kegiatan studi lapangan lainnya ditunda hingga waktu yang belum ditentukan," ujar Eka.

Begitu juga pada poin kedelapan, Eka menyebut, wisuda Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana yang semula dijadwalkan pada tanggal 18-19 April 2020 ditunda sampal batas waktu yang belum ditentukan.

"Terakhir, sidang Tim Penilai Angka Kredit dan Senat untuk mutasi Kenaikan pangkat dosen dan tenaga kependidikan dapat dilaksanakan secara daring dengan memantaatkan aplikasI video conference yang ada," tukasnya. (*)

Reporter : Milna | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]