Aktivitas Pasar di Solsel Dipastikan Tetap Normal


Ahad, 29 Maret 2020 - 18:23:43 WIB
Aktivitas Pasar di Solsel Dipastikan Tetap Normal Aktivitas pasar di Padang Aro Solok Selatan. Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pihak-pihak terkait di Solok Selatan (Solsel) tidak melakukan penutupan atau menghentikan aktivitas di pasar-pasar di wilayah itu. Artinya, kegiatan jual beli di sejumlah pasar tradisional ataupun pasar semi modern tetap berjalan normal.

"Tidak benar aktivitas pasar dihentikan. Namun, sesuai hasil rapat tadi, Plt.Bupati mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas seperlunya. Umpamanya, selesai berbelanja langsung pulang dan tetap menjaga jarak untuk antisipasi penyebaran Covid-19," kata Kabag Humas Pemkab Solsel, Firdaus Firman pada Harianhaluan.com, Minggu (29/3/2020).

Ia mengatakan, untuk lockdown tidak ada di Solsel namun semacam pembatasan selektif, setiap orang yang datang ke Solsel bakal dilakukan karantina. "Jadi Posko gugus tugas di Solsel direncanakan setiap orang yang masuk Solsel dikarantina mulai Selasa (1/4/2020) sesuai hasil konferensi dengan Gubernur. Jadi Posko ditambah di Ulu Suliti," katanya sesuai hasil rapat dengan unsur Forkopimda.

Lokasi karantina, imbuhnya, bakal dipecah karena tidak mungkin dikumpulkan di satu tempat dengan banyaknya jumlah orang yang masuk Solsel. "Kemungkinan lokasi karantina dipecah di tiap nagari. Plt bupati inginkan setiap orang masuk Solsel harus dikarantina walau tidak ada gejala," sebutnya.

Ia mengatakan, jika tidak ada keperluan mendesak tidak usah ke luar daerah karena akan ada selektif terbatas. "Untuk APD tadi sebagian sudah ada yang datang dari bantuan BNPB dan pihak Dinkes pun telah memesan untuk tambahan," katanya.

Menurutnya, ada tambahan satu posko dari tiga yang telah didirikan sebelumnya. Artinya, efektif Selasa (1/4/2020), sebanyak empat posko gugus tugas percepatan penanganan wabah corona Solsel menyeleksi pendatang dari luar Solsel. 

Yakni di Ulu Suliti Koto Parik Gadang Diateh, Posko perbatasan arah Kerinci, Jambi. Posko di perbatasan jalur Madiak menuju Dharmasraya dan batas Jambi, serta posko di Batas Kab Solsel-Dharmasraya, yang berlokasi di Jorong Log Batu Sandi, Nagari Sungai Kunyit.(*)
 

Reporter : Jefli /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]