Diduga Terpapar dari Staf Sekretariat DPRD Tanah Datar, 39 ODP Covid 19 Jalani Isolasi di Pusdiklat Baso


Ahad, 29 Maret 2020 - 19:18:00 WIB
Diduga Terpapar dari Staf Sekretariat DPRD Tanah Datar, 39 ODP Covid 19 Jalani Isolasi di Pusdiklat Baso Ilustrasi

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Asrama Diklat Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Bukittinggi di Baso Kab. Agam dijadikan tempat isolasi bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid 19 (Corona).

Kepala Kantor PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, Sukri Sawai membenarkan asrama diklatnya dijadikan ruang isolasi bagi ODP yang pernah kontak langsung atau berhubungan dengan staf Sekretariat DPRD Kab. Tanah Datar.

Karena staf Sekretariat DPRD Kab. Tanah Datar tersebut positif Covid 19, maka semua orang yang terlibat kontak dengannya sesuai SOP harus diisolasi.

"Orang berstatus ODP tersebut masuk ke asrama pada Sabtu malam, jumlah nya sekitar 39 orang. Selama berada di asrama mereka tidak boleh ke luar," kata Sukri Sawai melalui telepon selular kepada Haluan, Minggu (29/3) sore.

Menurut Sukri Sawai, seluruh ODP itu telah menjalani rapid tes Covid 19 dan hasilnya negatif. Meskipun hasilnya negatif tetapi mereka tetap harus diisolasi sesuai SOP yang telah ditentukan.

"Selama menjalani Isolasi di sini mereka diawasi oleh 10 orang tenaga kesehatan dan BPBD Tanah Datar. Kita hanya menyediakan tempat, sedangkan sarana dan prasarana lain ditanggung oleh Pemkab Tanah Datar. Tempat diklat kita memang ditunjuk oleh Dirjen Kemendagri dan Gubernur Sumbar sebagai tempat karantina," ulasnya.

Ia menambahkan, asrama diklatnya digunakan sebagai tempat isoolasi selama 3 hari dan akan berakhir pada Selasa (31/3), sebab mereka sebelumnya telah menjalani isolasi di Tanah Datar selama 11 hari.

"Kemarin lingkungan di sekitar diklat kita telah disemprot dengan disinfektan. Sebagian pegawai kita juga telah dirumahkan," ungkapnya.(*)

Reporter : Yursil /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]