Cegah Corona, Guspardi Gaus Ingatkan Perantau Tunda Pulang Kampung


Ahad, 29 Maret 2020 - 22:11:54 WIB
Cegah Corona, Guspardi Gaus Ingatkan Perantau Tunda Pulang Kampung Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus melakukan peninjauan pemeriksaan kesehatan arus masuk orang di perbatasan Pasaman Barat terkait semakin mewabahnya virus Corona di Sumbar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Sumbar, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumbar 2, Guspardi Gaus mengajak perantau minang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia mengikuti imbauan gubernur untuk menunda dulu rencana pulang kampung.

Sehubungan dengan ini, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Sabtu malam ( 28/3) mengeluarkan surat imbauan, seluruh perantau Minang dimanapun berada agar menunda dulu rencana kepulangan mereka.

Guspardi menuturkan, imbauan untuk perantau ini adalah demi kebaikan bersama, guna menekan penyebaran Covid 19 di Sumbar. Hal ini karena, dari situs resmi tanggap darurat Provinsi Sumbar, sampai Minggu 29 Maret 2020 penyebaran wabah Corona untuk Sumatera Barat tercatat, sebanyak 1.552 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 28 orang, Positif 8 orang,  dan meninggal dunia 1 orang.

"Untuk perantau yang sudah terlanjur pulang, pemerintah daerah agar melakukan pendataan secara akurat, cepat, dan tepat. Ini guna mencegah virus Covid-19 menyebar di kampung halaman kita," tukas Guspardi.

Politisi PAN yang tiga periode pernah menjabat sebagai anggota dan pimpinan DPRD Sumbar ini mengingatkan, teruntuk pemerintah kabupaten/kota dan dan provinsi, agar memantau dan mengawasi secara ketat  arus masuk dan keluar orang di perbatasan dengan mempergunakan  alat deteksi (Thermo Gun).

Hal tadi untuk memastikan orang yang masuk ke Sumbar tidak terjangkit Covid-19. Sandainya ada yang terindikasi terjangkit, harus langsung dilakukan karantina untuk di proses sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan protokoler yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut, anggota Baleg DPR RI ini mengimbau pada masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah dalam menghadapi pandemi virus Corona ini, yaitunya dengan cara tetap di rumah, hindari kerumunan, menjaga jarak (physical distancing), menerapkan pola hidup sehat, dan meluangkan waktu berjemur di bawah sinar matahari. (h/len)

Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]