Ini Tiga Hal Penularan Corona yang Kerap Diabaikan Masyarakat


Senin, 30 Maret 2020 - 06:23:00 WIB
Ini Tiga Hal Penularan Corona yang Kerap Diabaikan Masyarakat Penyemprotan disinfektan. ANTARA FOTO/Fauzan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah pandemi global virus corona atau COVID-19, pemerintah mengimbau untuk masyarakat Indonesia mewaspadai sumber penularannya. Hal ini guna menekan jumlah penyebaran virus corona di Indonesia. 

Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Prof. dr. Purnawan, M.Ph., P.Hd, yang hadir sebagai pembicara dalam Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID19 mengatakan, ada tiga sumber penularan COVID-19 yang sering luput diwaspadai masyarakat.

Mereka adalah barang-barang yang dikirim secara daring, uang tunai dan interaksi antara cucu dan kakek. 

"Barang-barnag yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar. Ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," kata Purnawan dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, dikutip dari Viva.co.id, Minggu (30/3/2020).

Sumber kedua penularan lainnya adalah uang tunai. Hal ini kata lantaran, uang dipegang oleh banyak orang,  dan berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Sehingga uang tunai bisa menjadi kontak penularan virus corona. Oleh karena itu, perlu perlakuan khusus saat menggunakan uang tunai. 

"Uang cash itu akan menular dari orang ke orang. Jadi itu harus ada caranya. Kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," tambah Purnawan. 

Sumber yang ketiga yakni interaksi antara kakek dan cucu juga dinilai agak riskan terjadi penularan, karena kakek termasuk kelompok berisiko yakni usia lanjut. Sehingga untuk mencegah penularan, kakek atau nenek perlu menerapkan protokol kesehatan selama berinteraksi. 

"Yang ketiga ini memang agak riskan juga ya, Itu cucu dari segi kesehatan, kalau kakek itu rentan. Cucu itu biasanya tahan," kata Purnawan. 

"Tapi dia (cucu) menjadi (carrier). Jadi sementara hati-hati jika berhubungan dengan cucu Kita harus selalu berhati-hati, waspada, cuci tangan, pakai masker," tambahnya.

Di sisi lain, pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meminta masyarakat tetap tinggal di rumah dan melakukan kegiatan produktif dengan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Selama di rumah, masyarakat juga diminta tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona sekaligus memutus mata rantai penularan COVID-19. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 12:01:28 WIB

    Bagaimana Dampaknya Olahraga Pakai Masker? Ini Kata dr. Michael

    Bagaimana Dampaknya Olahraga Pakai Masker? Ini Kata dr. Michael HARIANHALUAN.COM -- Akhir-akhir ini beredar video yang memberitakan tentang bahaya berolahraga dengan menggunakan masker. Viralnya berita tersebut membuat banyak pecinta olahraga menjadi panik dan berusaha mencari penjelasan .
  • Senin, 01 Juni 2020 - 15:08:17 WIB

    Vaksin dari China Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19

    Vaksin dari China Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sinovac, perusahaan biotech asal China optimis vaksin Covid-19 buatannya bisa menyembuhkan penyakit virus corona pada manusia. Saat ini perusahaan sudah memasuki uji klinis vaksin fase 2 dengan uji coba pad.
  • Senin, 01 Juni 2020 - 10:36:34 WIB

    Ini 3 Jawaban WHO tentang Kebiasaan Merokok dan Infeksi Covid-19

    Ini 3 Jawaban WHO tentang Kebiasaan Merokok dan Infeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pro dan kontra terjadi terhadap hasil studi yang menyebut kebiasaan merokok mampu menekan kasus infeksi virus corona Covid-19. Hasil studi didapat dengan membandingkan proporsi pasien penyakit itu yang pero.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:57:30 WIB

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu HARIANHALUAN.COM - Ketika anjuran untuk tetap di rumah dan PSBB dilonggarkan banyak yang mulai beraktivitas di luar. Meski demikian semua orang tetap diimbau untuk mengenakan masker atau penutup wajah saat di luar rumah sebag.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:24:16 WIB

    Wow! Vaksin Corona Made in China Siap Dipasarkan Akhir Tahun Ini

    Wow! Vaksin Corona Made in China Siap Dipasarkan Akhir Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Vaksin Corona buatan China siap dipasarkan paling cepat akhir tahun ini hingga awal tahun depan. Pernyataan itu diungkap oleh Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi (SASAC) milik negara China..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]