WHO Bantah Virus Corona Menular Lewat Udara


Senin, 30 Maret 2020 - 06:58:58 WIB
WHO Bantah Virus Corona Menular Lewat Udara Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia alias WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyes. Foto: WHO

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mitos mengenai virus corona dan COVID-19 menyebar secepat penyakitnya. Salah satu mitos yang masih banyak dipercaya masyarakat adalah virus ini airborne atau menular lewat udara. Mengenai itu, organisasi kesehatan dunia, WHO membantahnya.

Melalui unggahan di Instagram resmi WHO berjudul 'Cek Fakta: COVID-19 Tidak Menular Lewat Udara', mereka menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.

Menurut WHO, virus yang menyebabkan COVID-19 umumnya menyebar lewat droplets atau percikan cairan mulut atau hidung, ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara.

"Droplets ini terlalu berat untuk berada di udara. Mereka dengan cepat jatuh ke lantai atau permukaan benda," tulis WHO dalam unggahan tersebut, dikutip VIVA.co.id, Senin (30/3/2020).

WHO menambahkan, Kamu bisa terinfeksi dengan cara menghirup virus ini ketika berada dalam jarak kurang dari 1 meter dengan orang yang positif, atau dengan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi kemudian memegang mata, hidung atau mulut sebelum mencuci tangan.

"Untuk melindungi diri, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan disinfeksi permukaan benda yang sering disentuh," lanjut unggahan itu.

Selain itu, cucilah tangan dengan menyeluruh secara rutin dan hindari menyentuh mata, mulut dan hidung
(*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 12:34:54 WIB

    WHO Mulai Panik China Tak Terbuka soal Covid-19

    WHO Mulai Panik China Tak Terbuka soal Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara terbuka memuji Cina atas respons cepat terhadap virus korona jenis baru pada Januari. Namun di balik layar, WHO cukup dibuat frustrasi oleh negara itu karena tidak m.
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:50:30 WIB

    Trump Perintahkan Amerika Keluar dari WHO

    Trump Perintahkan Amerika Keluar dari WHO HARIANHALUAN.COM - Amerika memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Donald Trump pada hari Jumat kemarin waktu Amerika. Trump, dalam pengumumannya, men.
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 07:34:46 WIB

    Trump Umumkan AS Putus Hubungan dengan WHO

    Trump Umumkan AS Putus Hubungan dengan WHO HARIANHALUAN.COM - Perseteruan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuncak. Kini, Trump mengumumkan bahwa dirinya memutus hubungan AS dengan badan kesehatan PBB itu, yang disebutnya .
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 15:15:09 WIB

    110 Negara Desak WHO Investigasi Asal-Usul Virus Corona

    110 Negara Desak WHO Investigasi Asal-Usul Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 110 negara telah menyatakan dukungannya untuk penyelidikan independen terhadap respons global pandemi virus Corona..
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 23:15:44 WIB

    Peringatan WHO, Gelombang Pertama Corona Belum Berakhir!

    Peringatan WHO, Gelombang Pertama Corona Belum Berakhir! HARIANHALUAN.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa dunia saat ini masih terpukul akibat penularan virus corona. Direktur Eksekutif WHO, Dr. Mike Ryan sebagai pakar kesehatan menuturkan hal tersebut dilihat da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]