Gunakan Pesawat Cateran, Jerman Jemput Warganya di Bali


Senin, 30 Maret 2020 - 10:27:02 WIB
Gunakan Pesawat Cateran, Jerman Jemput Warganya di Bali Tanah Lot di Tabanan, Bali. Ist

DENPASAR, HARIANHALUAN.COM -- Jerman mengevakuasi warganya yang saat ini masih di Bali dan dijemput dengan menggunakan pesawat carteran.

Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali, Elfi Amir kepada media, ada tiga pesawat yang akan datang pada Senin (30/3/2020), hari ini dan Selasa (31/3/2020).

Berdasarkan data yang diterimanya, satu pesawat yang dioperasikan maskapai penerbangan Condor Airlines akan tiba di Bali sekitar pukul 16.30 WITA, hari ini.

Pesawat dari Phuket, Thailand ini akan mendarat untuk mengambil penumpang di Bandara Ngurah Rai.

"Sesuai izin penerbangan yang masuk, jumlah penumpangnya mencapai 250 orang. Mereka akan take off pada pukul 18.05 WITA,” ujarnya, dilansir dari Haluan.co (Haluan Group Media), Senin (30/3/2020).

Sedangkan untuk hari Selasa, akan ada dua pesawat dari maskapai penerbangan yang sama tiba di Bali dengan selisih waktu kedatangan satu jam.

Kedatangan pertama dengan menggunakan pesawat tipe B767-300 tiba pukul 15.30 WITA. Kemudian pesawat kedua akan tiba pada pukul 16.30 WITA. Masing-masing pesawat akan membawa 250 WN Jerman. paparnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (28/3/2020), Jerman sudah melakukan evakuasi warganya dari Bali dengan menggunakan operator penerbangan yang sama.

Jumlah penumpang yang take off dari Bandara Ngurah Rai mencapai 251 dewasa dan 2 infant. Untuk kewarganegaraannya, sebanyak 233 adalah WN Jerman, sisanya non-Jerman.

Perketat Orang Masuk

Sementara itu, Gubernur Bali bersurat pada Menteri Perhubungan yang meminta pintu masuk ke Pulau Dewata itu, terutama di pelabuhan agar dilakukan pengawasan ketat bagi lalu lintas orang yang keluar masuk Bali.

Dalam surat bernomor 551/2500/dishub itu berisi antara lain melakukan seleksi secara ketat terhadap penumpang yang akan menyebrang di Pelabuhan Penyebrangan Ketapang Jawa Timur, Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk Bali, Pelabuhan Penyebrangan Padang Bai Bali, Pelabuhan Benoa Bali, dan Pelabuhan Penyeberangan Lembar Nusa Tenggara Barat.

Gubernur meminta pihak Pelabuhan hanya mengizinkan penyebrangan bagi penumpang atau kendaraan yang berkaitan dengan kepentingan angkutan logistik, keperluan penanganan kesehatan, penanganan keamanan, dan tugas resmi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta keperluan perorangan yang bersifat mendesak.

Sebelumnya Gubernur Bali juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi atau menunda perjalanan ke Bali atau ke luar Bali, kecuali karena ada keperluan yang sangat mendesak atau warga negara asing yang akan kembali ke negaranya.

Namun, himbauan ini tidak berlaku bagi angkutan logistik, keperluan penanganan kesehatan, penanganan keamanan, dan tugas resmi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Berdasarkan data kasus virus corona atau Covid-19 di Bali yang dikeluarkan pemerintah hari Minggu (29/3/2020), kasus yang terkonfirmasi 10 orang dan dua dinyatakan meninggal. Kedua orang yang meninggal itu merupakan warga negara asing atau WNA. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 08:39:04 WIB

    Percepat Diagnosa Corona, Indonesia Gunakan Mesin TCM TBC

    Percepat Diagnosa Corona, Indonesia Gunakan Mesin TCM TBC JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Reagen atau pereaksi kimia memiliki peranan penting dalam mendeteksi COVID-19 lewat metode pengujian real time PCR. Reagen adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen. Reagen beris.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 13:47:17 WIB

    Korban Corona Makin Banyak, DKI Jakarta Gunakan Eskavator untuk Gali 1.000 Makam

    Korban Corona Makin Banyak, DKI Jakarta Gunakan Eskavator untuk Gali 1.000 Makam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta membantu menggali lubang makam di TPU Tegal Alur khusus untuk pemakaman dengan protap Corona. Sekitar 1.000 lubang telah digali menggunakan eskavator di TP.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 14:06:29 WIB

    Daftar Kendaraan yang Boleh Digunakan Selama Larangan Mudik

    Daftar Kendaraan yang Boleh Digunakan Selama Larangan Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah resmi mencegah masyarakat untuk mudik dengan menerapkan larangan sementara penggunaan sarana transportasi pada 24 April - 31 Mei. Meski demikian masih ada jenis kendaraan tertentu .
  • Ahad, 19 April 2020 - 07:29:58 WIB

    Tak Ada Masker, Emak-emak Ini Pilih Gunakan Topeng Harimau

    Tak Ada Masker, Emak-emak Ini Pilih Gunakan Topeng Harimau MEDAN, HARIANHALUAN.COM -- Ada aja tingkah seorang ibu di Medan, Sumatera Utara. Aksinya yang menggunakan topeng mainan anaknya saat membayar pajak kenderaan bermotor di Kantor Samsat Medan Utara, Kota Medan, Sumatera Utara,.
  • Senin, 06 April 2020 - 11:36:36 WIB

    Kabar Baik! Dana Desa Bisa Digunakan untuk Bangun Pos Jaga

    Kabar Baik! Dana Desa Bisa Digunakan untuk Bangun Pos Jaga JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mendorong pemerintah desa untuk membangun pos jaga di setiap gerbang masuk desa sebagai upaya pencegahan meluasny.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]