Golongan Ini Jadi Prioritas Pemerintah untuk Dirawat di RS Rujukan Corona


Senin, 30 Maret 2020 - 10:38:02 WIB
Golongan Ini Jadi Prioritas Pemerintah untuk Dirawat di RS Rujukan Corona Juru Bicara pemerintah untuk Penanganan corona Covid-19, Achmad Yurianto. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru Bicara pemerintah untuk Penanganan corona Covid-19, Achmad Yurianto agar tak bersikap diskriminasi terhadap pasien yang terjangkit virus tersebut. Menurut dia, warga yang mengidap Covid-19 justru jangan distigmatisasi.

"Kita lindungi yang sakit, jangan didiskriminasi, jangan distigmatisasi," ujar Yuri dalam konferensi pers melalui akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dilansir dari Warta Ekonomi (Haluan Media Group), Senin (30/3/2020).

Yuri menjelaskan bentuk melindungi pasien positif Covid-19 dengan mendukung upaya isolasi diri di rumah secara optimal. Dia menambahkan, rumah sakit akan selektif untuk melakukan perawatan terhadap pasien yang dinyatakan terjangkit virus corona.

Maka itu, tak setiap orang yang diduga terjangkit virus ini dirawat. Orang-orang yang akan diprioritaskan dirawat di RS merupakan orang-orang yang sudah tak mampu lagi melakukan isolasi diri di rumahnya masing-masing. 

Tak hanya itu, kata dia, prioritas selanjutnya akan ditujukan kepada mereka yang masuk kelompok rentan dan memiliki riwayat penyakit penyerta. Ia bilang biasanya orang-orang yang masuk ke kelompok ini merupakan orang tua.

"Termasuk pada kelompok yang sangat rentan, orang tua, orang yang punya penyakit sebelumnya (seperti) diabetes, hipertensi, kelainan jantung, kelainan paru-paru, dan sebagainya. Inilah yang membutuhkan layanan rawatan maksimal," kata dia.

Kemudian, ia mengimbau agar masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penularan covid-19. Selain itu, Yuri juga meminta masyarakat proaktif menerapkan jaga jarak antar sesama. Cara ini untuk menghambat laju penularan Covid-19 yang bersumber dari percikan cairan atau liur seseorang.

"Cuci tangan sangat penting, gunakan sabun dan gunakan air mengalir. Virus akan mudah rusak jika kena deterjen. Oleh karena itu menjaga jarak lebih dari 1,5 meter menjadi kunci paparan ini," katanya lagi. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Mei 2020 - 12:18:12 WIB

    Ini Daftar 12 Golongan yang tak Dapat THR

    Ini Daftar 12 Golongan yang tak Dapat THR Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan THR hanya akan diberikan kepada PNS jajaran eselon III ke bawah.
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 19:56:55 WIB

    Ini 3 Golongan yang Haram Menikmati Surga

    Ini 3 Golongan yang Haram Menikmati Surga HARIANHALUAN.COM - Rasulullah SAW menegaskan bahwa setiap kita akan dimintai pertanggungjawaban terhadap amanah kepemimpinan yang dibebankan di atas pundak kita, sekecil apa pun kepemimpinan itu. Dari mulai penguasa negara ya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]