Kebijakan Mudik di Tengah Pandemi Corona Diputuskan Besok Sore


Senin, 30 Maret 2020 - 17:29:39 WIB
Kebijakan Mudik di Tengah Pandemi Corona Diputuskan Besok Sore Kepala BNPB Doni Monardo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta masyarakat bersabar terlebih dahulu terkait kebijakan mudik lebaran di masa pandemi Corona. Doni mengatakan kebijakan itu sedang dibahas dan akan diputuskan besok sore.

"Kemudian selanjutnya menyangkut masalah mudik atau tidak mudik tadi sudah dibahas secara detail, melibatkan para gubernur, jadi mohon bersabar dulu, untuk keputusan ini akan dikeluarkan besok sore," kata Doni saat jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (30/3/2020).

Baca Juga : Pekerja Harap Bersabar, Sisa BLT Subsidi Gaji 2020 Masih Tahap Pendataan

Doni menuturkan pemerintah akan mengatur ketentuan perihal mudik Lebaran. Ketentuan tersebut meliputi larangan dan anjuran jika memang diperbolehkan untuk mudik.

"Siapa yang boleh mudik, siapa yang kira-kira dianjurkan tidak mudik dengan beberapa ketentuan yang nantinya akan dikeluarkan oleh pemerintah," ujarnya.

Baca Juga : Ini 7 Fakta di Balik Rencana Reshuflle Kabinet, Posisi Menteri Investasi akan Jadi Rebutan Partai Politik

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pergerakan arus mudik sudah mulai terjadi selama 8 hari terakhir. Jokowi menyebut sekitar 876 bus antarprovinsi sudah melayani para pemudik dengan total 14 ribu.

"Laporan yang saya terima dari Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, pergerakan arus mudik sudah terjadi lebih awal dari biasanya dan sejak penetapan tanggap darurat di DKI Jakarta telah terjadi percepatan arus mudik, terutama dari para pekerja informal di Jabodetabek menuju ke Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan DIY, serta ke Jawa Timur," kata Jokowi dalam ratas yang disiarkan secara live, Senin (30/3/2020).

Baca Juga : Hilangkan Pancasila dan Bahasa Indonesia sebagai Makul Wajib, Ketua MPR: PP 57/2021 Cacat Hukum

"Selama 8 hari terakhir ini tercatat ada 876 bus antarprovinsi yang membawa kurang-lebih 14 ribu penumpang dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY," sambungnya. (*)

Editor : Heldi | Sumber : detikNews
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]