BPBD Mentawai Terima Kiriman 50 Set APD dari BNPB


Senin, 30 Maret 2020 - 18:15:33 WIB
BPBD Mentawai Terima Kiriman 50 Set APD dari BNPB Kalaksa BPBD Mentawai, Novriadi

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani kasus virus corona di Kepulauan Mentawai. 

"Hari ini kita baru mendapatkan bantuan 50 set APD Dari BNPB, selanjutnya akan kita serahkan kepada petugas medis, baik di Puskesmas maupun di RSUD," kata Novriadi, Kalaksa BPBD Mentawai yang juga Ketua Gugus Tugas penanganan kasus Covid 19 di Kepulauan Mentawai, Senin (30/3/2020) di ruang kerjanya. 

Dia menyebutkan terkait keterbatasan APD pihaknya akan membagikan khusus bagi petugas kesehatan yang bertugas di Puskesmas yang berpotensi penyebaran virus corona atau di pusat kecamatan yang disinggahi kapal penyeberangan Padang -Mentawai.

"Ada 15 Puskesmas di Kepulauan Mentawai, tetapi karena APD kita terbatas kita tidak bisa memberikan bantuan kepada semua Puskesmas, hanya beberapa puskesmas saja yang akan dapat, seperti Puskesmas Sikabaluan, Muara Siberut, Sioban dan Sikakap serta RSUD," paparnya.

Disamping itu, untuk menyikapi kekurangan APD, kata dia, petugas lainnya dapat menggunakan alternatif lain yang seadanya, seperti mantel plastik. Kemudian, kepada masyarakat dia mengimbau tetaplah di rumah selama masa karantina wilayah ini, kemudian membiasakan pola hidup bersih dan sehat. 

"Kalau kondisi sekarang memang belum ada terindikasi terjangkit penyakit virus corona, namun di beberapa wilayah sumbar sudah ada positif, tentu kita lebih meningkatkan kewaspadaan, karena sekarang statusnya semakin meningkat, namun ada juga yang dapat sembuh," pungkasnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]