Mulai Hari Ini, Pengadilan Negeri Payakumbuh Gelar Sidang Online


Senin, 30 Maret 2020 - 19:52:09 WIB
Mulai Hari Ini, Pengadilan Negeri Payakumbuh Gelar Sidang Online Sidang online yang digelar di PN Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di lingkungan Pengadilan Negeri (PN) Payakumbuh, maka sidang Perkara Pidana mulai dilakukan secara online menggunakan sebuah monitor yang dipararelkan dengan terdakwa yang berada di Lapas Payakumbuh serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Nageri Payakumbuh. 

Penerapan sidang secara online/teleconference tersebut mulai diberlakukan Senin (30/3/2020) hingga beberapa hari ke depan sampai ancaman Virus Corona mulai berkurang. Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh, Kurniawan Wijonarko, Senin mengatakan, penerapan sidang tidak langsung dengan tatap muka itu sesuai dengan Instruksi Dirjen Badan Peradilan Umum.

"Memang sidang online dengan cara Teleconference ini baru hari ini kita dan laksanakan di PN Payakumbuh,i sesuai dengan Instruksi Dirjen Badan Peradilan Umum. Dalam sidang ini dengan pihak-pihak terkait, terdakwa dan JPU," ulas Kurniawan. 

Ditambahkannya, di hari pertama pelaksanaan sidang online tersebut terkendala jaringan, ia berharap dalam sidang kedepan bisa lebih baik lagi. "Seperti yang rekan-rekan wartawan lihat saat ini, kendala kita ada pada jaringan," tutur Kurniawan Wijonarko.

Dari pantauan di ruang sidang tersebut, terlihat sebuah monitor yang diletakkan dihadapan Majelis hakim, selain itu juga terdapat speaker. Dalam berkomunikasi dengan terdakwa dan JPU, Hakim menggunakan pengeras suara. Selain melakukan sidang online untuk pencegahan Virus Corona, PN Payakumbuh juga menyediakan hand sanitizer bagi warga yang datang mengurus keperluan. 

Mulai diberlakukannya sidang online di PN Payakumbuh, Ketua DPC PERADI Kota Payakumbuh, Setia Budi menyampaikan aspresiasi. Menurut pria yang banyak mendampingi kliennya yang tersandung perkara Pidana itu, langkah yang diterapkan di PN Payakumbuh hal yang tepat. "Kita menyampaikan aspresiasi penerapan sidang secara online yang telah diterapkan di PN Payakumbuh ini. Lagipula, ditengah ancaman virus Corona," tuturnya. (*)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]