Ternyata! Ini Alasan Buah dan Sayur Tak Boleh Dicuci dengan Sabun


Senin, 30 Maret 2020 - 20:08:37 WIB
Ternyata! Ini Alasan Buah dan Sayur Tak Boleh Dicuci dengan Sabun ilustrasi buah dan sayur

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Tak semua barang dan benda mesti dicuci dengan sabun untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19. Buah dan sayur tak boleh dicuci dengan sabun karena sejumlah alasan. Sabun mengandung bahan yang dapat bersifat racun jika dikonsumsi oleh tubuh.

"Selama lebih dari 60 tahun kita tahu bahwa mengonsumsi sabun dapat bersifat toksik. Minum atau memakan sabun dapat memicu pada mual dan sakit perut. Sabun bukan sesuatu yang bisa diatasi oleh perut," kata profesor ahli makanan dari North Carolina State University, Benjamin Chapman kepada Live Science.

Baca Juga : Melalui Si Jadoel, Inovasi untuk Tingkatkan Pemahaman Peserta JKN – KIS di Masa Pandemi

Saat mencuci buah dan sayur dengan sabun atau detergen, bahan-bahan kimia dari sabun dapat langsung menyerap ke dalam buah dan sayur. Sejumlah bahan berbahaya ikut tertinggal pada buah dan sayur meski sudah dibilas dengan air hingga bersih. Bahan dari sabun dan detergen itu dapat memicu iritasi pada saluran pencernaan dengan sejumlah gejala seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut. 

Department of Agriculture Amerika Serikat  (USDA) juga telah melarang pelanggan untuk mencuci buah dan sayur dengan detergen atau sabun. 
"Produk itu (sabun dan detergen) tidak diizinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk digunakan pada makanan. Anda dapat mengonsumsi residu dari sabun yang meresap ke dalam sayur dan buah," pernyataan dari USDA.

Baca Juga : Ketua KNPI Padang: Pemuda harus Lebih Aware dengan Jaminan Kesehatan dan Dukung Program Mulia JKN – KIS

Selain itu, mencuci buah dan sayur dengan jus lemon atau cuka juga tidak disarankan karena tak ada bukti ilmiah yang mendukung anjuran tersebut. Sebaiknya, cuci buah dan sayur dengan menggunakan air dingin yang mengalir. Menurut Chapman, air dingin dapat menghilangkan kotoran hingga 90-99 persen.

Selain membersihkan buah sayur, Anda juga harus memperhatikan cara pembelian dan penyimpanan buah dan sayur untuk mencegah Covid-19.
Saat berbelanja ke supermarket, berbelanjalah dengan cepat dan memperhatikan jarak dengan orang lain (physical distancing). Layanan berbelanja online juga bisa digunakan.

Simpan buah dan sayur berdasarkan kategori, misalnya beberapa buah yang dapat disimpan di kulkas dan beberapa lainnya yang mesti disimpan di ruang terbuka. Selalu cuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : CNN Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]