Satu PDP Positif Corona yang Meninggal di Medan Ternyata Pernah ke Padang


Senin, 30 Maret 2020 - 21:29:14 WIB
Satu PDP Positif Corona yang Meninggal di Medan Ternyata Pernah ke Padang ilustrasi pasien corona

MEDAN, HARIANHALUAN.COM -- Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait wabah virus corona (Covid-19) meninggal dunia di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit (RS) Madani di Jalan AR Hakim, Medan, Sumatera Utara. Pasien ini ternyata ternyata sempat memiliki riwayat perjalanan ke Kota Padang, Sumatera Barat.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, sebelumnya PDP tersebut sempat berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dan kemudian singgah ke Tanjungbalai.

Baca Juga : WNA China Masuk Indonesia Saat Larangan Mudik, Gus AMI: Pemerintah Harus Peka!

“Informasinya dia dari Padang dan singgah di Tanjungbalai, itu yang baru kita dapat,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (30/3/2020) seperti dilansir riau.haluan.co (Haluan Media Group). 

Lebih lanjut Aris menjelaskan, saat ke RS, pasien dalam kondisi sesak. Setelah dilakukan pemeriksaan, maka ditetapkanlah dia menjadi PDP dan langsung dilakukan persiapan untuk pengiriman ke ruang isolasi antara RSUP Haji Adam Malik atau RS GL Tobing. “Tapi, kondisinya terus menurun dan diobservasi, hingga akhirnya meninggal dunia di situ,” jelasnya.

Baca Juga : Peneliti Nilai 100 Hari Kerja Kapolri Punya Semangat Demokratis

Atas meninggalnya PDP terkait Corona, laki-laki berinisial SA yang merupakan petinggi salah satu partai di tingkat Sumut ini, maka Aris mengatakan, status keluarganya karena memiliki kontak erat ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). OTG adalah seseorang yang tidak bergejala dan berisiko tertular dari orang yang terkonfirmasi Covid-19 atau yang sudah dinyatakan positif secara laboratorium.

“Status keluarganya karena dia kontak erat maka OTG, saat ini sudah dilakukan pemantauan oleh Dinkes Medan,” tutupnya. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : Haluan Media Group
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]