Jika Ada Keperluan Mendesak, Kapan Waktu Terbaik Keluar Rumah Saat Wabah Virus Corona?


Selasa, 31 Maret 2020 - 07:42:27 WIB
Jika Ada Keperluan Mendesak, Kapan Waktu Terbaik Keluar Rumah Saat Wabah Virus Corona? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang ahli virus atau virologi Indonesia, drh. Indro Cahyono mengungkapkan bahwa daya tahan virus sangat terpengaruh suhu. Semakin panas suhu, maka kemampuan virus untuk bertahan akan semakin kecil.

"Jadi kalau misalnya dia (virus) di suhu 10-15 (derajat) mungkin dia bisa bertahan di lingkungan sampai 3 jam. Di suhu 20-25, dia hanya bertahan selama 3 menit. Sekarang suhu di Indonesia 26-30 derajat, gak sampai 1 menit itu virusnya sudah hilang," jelas Indro saat dihubungi Suara.com.

Dari kesimpulan tersebut, Indro mengatakan bahwa siang hari merupakan waktu paling aman untuk keluar. Meski tentu saja, tetap harus melakukan social distancing atau jaga jarak sosial.

Faktor suhu itu yang kemudian dinilai Indro menjadi salah satu penyebab masifnya penyebaran virus corona di Italia dan Amerika Serikat.

"Di Italia suhu 6 derajat, Amerika 12 derajat. Sementara virusnya di suhu 10 sampai 15 derajat itu bertahan selama 3 jam. Kalau virusnya disuhu 6 derajat ya dia bisa bertahan mungkin 5 bahkan 6 jam. Kalau kita keluar ya pasti kena (terinfeksi)," kata Indro.

Itu juga, lanjutnya,  yang membedakan proses penularan di Italia dan Indonesia. Menurut Indro, kondisi di Indonesia masih cukup aman ketika siang hari dengan paparan sinar matahari yang cerah.

Indro sekaligus meluruskan pernyataan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC terkait sinar matahari yang tak mampu membunuh virus corona.

"Kalau CDC bilang sinar matahari tidak membunuh ya benar tidak membunuh, itu di Italia, di AS. Soalnya suhunya segitu," terang Indro.(*)

loading...
 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 07:36:19 WIB

    Normalkah Jika Keluar Cairan dari Kuping saat Flu? Simak Penjelasannya

    Normalkah Jika Keluar Cairan dari Kuping saat Flu? Simak Penjelasannya HARIANHALUAN.COM - Saat sedang flu dan pilek pasti kamu sering merasakan telinga berdenging atau merasakan telingan seolah-olah budeg. Sehingga mengeluarkan cairan dari hidung. Lantas, apakah hal tersebut normal?..
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 15:04:02 WIB

    Jika Vaksin Corona Tak 'Berhasil', Ini Rencana Cadangan para Ahli

    Jika Vaksin Corona Tak 'Berhasil', Ini Rencana Cadangan para Ahli HARIANHALUAN.COM - Perkembangan vaksin Corona di Amerika Serikat (AS) telah menunjukkan hasil yang baik. Bahkan, pakar kesehatan terkemuka di AS, Dr Anthony Fauci, menyatakan harapannya terhadap kemajuan perkembangan vaksin t.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 12:05:08 WIB

    Daftar Vaksin COVID-19 yang Paling Menjanjikan Saat Ini

    Daftar Vaksin COVID-19 yang Paling Menjanjikan Saat Ini HARIANHALUAN.COM - Dunia berlomba membuat vaksin Corona COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sudah ada lebih dari seratus kandidat vaksin COVID-19 dan beberapa di antaranya dianggap lebih maju dari sisi pengemb.
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 11:59:34 WIB

    Pakai Masker Nyaris Tak Berguna Jika Lakukan 8 Kesalahan Ini

    Pakai Masker Nyaris Tak Berguna Jika Lakukan 8 Kesalahan Ini HARIANHALUAN.COM - Menggunakan masker adalah upaya paling mudah yang dilakukan untuk mencegah virus Corona COVID-19. Akan tetapi, masker seringkali sangat mengganggu pernapasan, membuat artikulasi bicara menjadi kurang jelas,.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 11:31:39 WIB

    Langkah Cegah Penularan Jika Corona Menyebar Lewat Udara

    Langkah Cegah Penularan Jika Corona Menyebar Lewat Udara HARIANHALUAN.COM - Para ahli epidemiologi menyebut faktor penting pencegahan infeksi virus corona ketika penularan sudah pula melalui udara atau airborne adalah, memperhatikan sirkulasi udara dan sinar ultraviolet. Dua pokok .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]