7 Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi agar Manfaatnya Maksimal


Selasa, 31 Maret 2020 - 07:48:25 WIB
7 Tips Berjemur Sinar Matahari Pagi agar Manfaatnya Maksimal Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berjemur di pagi hari sangat baik untuk imunitas tubuh dalam menangkal virus corona. Namun perlu diperhatikan tipsnya agar berjemur mendapatkan hasil maksimal.
Selama ini masyarakat bingung jam berapa harus berjemur sinar matahari pada pagi hari. Ada yang bilang jam 08.00 WIB, ada yang bilang jam 10.00 WIB.

Berikut 7 tips berjemur sinar matahari pagi agar manfaatnya maksimal:

1. Berjemur  Idealnya Jam 8-11
Ahli kanker dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, menyatakan, idealnya berjemur sinar matahari pagi idealnya jam 8 hingga pukul 11. Sebab paparan provitamin D pada waktu-waktu tersebut lebih dominan dibanding ultraviolet.

2. Jangan Lama-lama
Masih menurut dr Andhika, durasi berjemur jangan lama-lama. Cukup selama 30 menit, kamu bisa mendapatkan manfaat sinar matahari.

3. Jangan Pakai Topi
Dr Andhika menyebut, agar mendapat sinar matahari maksimal, cukup dengan mengenai 60 persen luas permukaan tubuh. Kamu bisa mengenakan baju lengan pendek, celana pendek, tanpa penutup kepala atau topi, payung, atau tidak perlu telanjang.

4.Pakai Kacamata Hitam
World Health Organization (WHO) menyarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berjemur sinar matahari pagi . Kacamata hitam yang menyediakan 99 hingga 100 persen perlindungan UV-A dan UV-B akan sangat mengurangi kerusakan mata dari paparan sinar matahari.

5. Gunakan Tabir Surya
Oleskan tabir surya saat berjemur. Hal ini agar kulit tetap sehat saat terpapar sinar matahari.

6.  Lakukan Kegiatan Lain
Agar tidak boring, berjemurlah sambil melakukan kegiatan lain di bawah sinar matahari. Seperti membaca buku berbicara dengan keluarga yang sedang berjemur.

7. Minum Air Putih
Saat berjemur sinar matahari pagi, tubuh mengalami dehidrasi. Jangan lupa untuk tetap minum air putih agar tubuh tetap fit.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 19:35:36 WIB

    7 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

    7 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Pada masa pandemi virus corona seperti sekarang, penting untuk menjaga kesehatan pernapasan. Terlebih seperti diketahui, virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tersebut pertama-tama menyerang saluran pernapasan..
  • Jumat, 17 April 2020 - 17:03:41 WIB

    Bukan Kaleng-kaleng! Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 7 Manfaat Kurma

    Bukan Kaleng-kaleng! Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 7 Manfaat Kurma JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Buah kurma tak hanya menawarkan kelezatan. Kurma juga memiliki banyak khasiat. Terdapat sejumlah manfaat kurma yang terbukti secara ilmiah..
  • Selasa, 07 April 2020 - 09:03:06 WIB

    Riset: Virus Corona Bisa Bertahan hingga 7 Hari di Masker

    Riset: Virus Corona Bisa Bertahan hingga 7 Hari di Masker JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menghitung berapa lama virus corona dapat bertahan di benda-benda mati. Dalam riset terbaru ditemukan hal yang mengejutkan, bahwa virus corona yang menyeb.
  • Ahad, 05 April 2020 - 20:14:39 WIB

    Masker Kain Diklaim Mampu Tangkal Virus 70 Persen

    Masker Kain Diklaim Mampu Tangkal Virus 70 Persen JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memberikan edukasi terkait penggunaan masker di kalangan masyarakat. Tim Pakar Gugus Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan tentang penggunaan masker kain tiga lapis di masyarakat..
  • Rabu, 01 April 2020 - 15:22:09 WIB

    7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Punya Gejala Ringan Mirip Corona

    7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Punya Gejala Ringan Mirip Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang yang memiliki gejala ringan virus corona COVID-19 mungkin akan khawatir dan ingin segera menadapatkan perawatan. Hal ini memang perlu dilakukan apalagi jika kamu memiliki riwayat kon.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]